Breaking News:

Warga Aceh Barat Nantikan Koran Masuk Desa

Warga Aceh Barat menantikan koran masuk desa (KMD) untuk mendapatkan berbagai informasi yang terjadi saat ini,

Editor: bakri
SERAMBINEWS/SA'DUL BAHRI
Bupati Aceh Barat H Ramli MS saat memberikan arah dalam pertemuan dengan para Keuchik dari Kecamatan Woyla dan Woyla Timur di kediaman bupati di Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (17/7/2021), terkait penanganan Covid-19. 

MEULABOH – Warga Aceh Barat menantikan koran masuk desa (KMD) untuk mendapatkan berbagai informasi yang terjadi saat ini, baik di kabupaten, Provinsi, dan nasional. Program koran masuk desa di maksudnya untuk mengatasi ketimpangan arus informasi ke daerah- daerah pedesaan, karena sirkulasi koran hanya terbatas pada daerah daerah perkotaan saja.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Kabupaten Aceh Barat, Safrizal kepada Serambi, Sabtu (17/7/2021) mengatakan, disamping untuk mengatasi ketimpangan arus informasi ke desa-desa. Melalui koran masuk desa juga bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat terutama masyarakat pedésaan dalam ikut serta mensukseskan program-program pembangunan.

“Perlu diketahui tidak semua orang di pedesaan memiliki smartphone atau HP guna mengikuti perkembangan teknologi, sehingga dengan adanya koran masuk desa maka informasi bisa tersampaikan ke desa- desa,” kata Safrizal.

Di pedesaan atau daerah terpencil sebagian juga masih mengalami berbagai kekurangan termasuk masih belum adanya akses internet. Dinamika sosial dikalangan masyarakat pedesaan akan tumbuh dan berkembang apabila kebiasaan masyarakat desa membaca koran dapat diwujudkan dengan baik, Pemerintah dengan adanya permasalahan seperti tersebut diatas, cepat-cepat menanggulangi dengan menciptakan program koran masuk desa.

Sementara Keuchik Padang Jawa, Kecamatan Woyla Nuraini menyebutkan, akses informasi sangat diperlukan oleh masyarakat, di samping untuk menggalakkan minat baca masyarakat, terutama tersampaikannya informasi ke masyarakat. “Kita sangat mendukung adanya koran masuk desa, guna untuk mendapatkan informasi-informasi penting nantinya,” sebut Nuraini, saat pertemuan para keuchik dengan Bupati di Suak Geudeubang.

Dengan keterbatasan masyarakat, maka dengan adanya informasi melalui KMD, sehingga masyarakat mampu memberikan nuanza baru, baik dalam minat baca dan mengetahui berbagai informasi yang terjadi nantinya, baik dari sisi pembangunan dan persoalan lainnya.(c45)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved