Breaking News:

Aceh Target Juara API Award

Tahun ini jumlah perwakilan/destinasi Aceh yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 meningkat

Editor: hasyim
For Serambinews.com
Museum Tsunami Banda Aceh masuk nominasi dalam ajang penghargaan pariwisata terpopuler, yaitu Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Museum tsunami masuk dalam kategori destinasi wisata unik Indonesia. 

BANDA ACEH - Tahun ini jumlah perwakilan/destinasi Aceh yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 meningkat menjadi 12 destinasi. Aceh pun menargetkan bisa meraih juara umum dalam penghargaan bergengsi di dunia pariwisata yang penilaiannya akan diumumkan November 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin usai rapat dengan Kepala Dinas Kabupaten/Kota terkait API Award, Jumat (16/7/2021).

Jamaluddin menjelaskan, dari 18 kategori yang dibuka dalam anugerah tersebut, Aceh berhasil mengisi 12 kategori. Destinasi/atraksi yang masuk nominasi itu berasal dari 9 kabupaten/kota, sehingga ada tiga daerah yang mampu menguasai 2 kategori.

Dikatakan, dari 12 yang masuk nominasi API Award, semuanya berada dalam kategori berbeda, sehingga peluang Aceh untuk menang lebih besar. Karena tidak ada yang bersaing antar sesama Aceh.

“Nominasi Aceh di API Award tahun ini berasal dari 9 kabupaten/kota, artinya ada beberapa yang ikut di dua nominasi. Tentunya kami optimis di 2021 kita bisa meraih juara umum API Award, sehingga dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata Aceh,” ujar Jamaluddin.

Untuk meraih juara umum pada API Award 2021, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyusun berbagai strategi. Dua hari lalu, sebanyak 9 Kadis Pariwisata kabupaten/kota yang ikut dalam nominasi dikumpulkan, untuk membahas berbagai strategi, sinergitas. Serta juga untuk mendapatkan dukungan dari semua pihak terhadap API Award 2021.

Ia menjelaskan, dalam API 2021, Disbudpar Aceh memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan promosi, salah satunya dengan mencoba inovasi dalam bentuk barkode.

Menurut Jamaluddin, inovasi seperti itu akan mempermudah masyarakat untuk melakukan voting pada nominasi API 2021. “Jadi kalau dulu masyarakat harus mengetik, hari ini dengan barkode langsung difoto, keluar nanti, langsung bisa dikirimkan. Jadi menjadi lebih simpel,” jelasnya.

Kadis Budpar  mengajak masyarakat Aceh supaya untuk memilih sejumlah destinasi/atraksi dari Aceh yang masuk nominasi API Award. Dukungan terhadap sejumlah destinasi wisata di Aceh yang masuk dalam nominasi API 2021 dapat dilakukan dengan cara menvoting. “Mari sama-sama kita dukung dengan cara vote, ajakan ini juga berlaku untuk kabupaten/kota yang tidak masuk dalam nominasi,” kata Jamaluddin.

Jamaluddin, sejak berparisipasi dalam API Award pada 2016, tahun ini Aceh mengirim nominasi terbanyak, yang mencapai 12 nominasi. Meskipun masih ada kabupaten/kota ada yang tidak berpartisipasi tahun ini, ia berharap semuanya memberi dukungan.(mun)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved