Breaking News:

Salam

Berkurbanlah, Teladani Keikhlasan Nabi Ibrahim

Harian Serambi Indonesia edisi Ahad (18/7/2021) kemarin memuat pidato Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT

Editor: hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan sapi kurban pemberian Presiden RI untuk masyarakat Aceh yang akan disembelih pada hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah kepada Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, di Masjid Agung Al Munawarah Jantho, Minggu, (18/7/2021). 

Harian Serambi Indonesia edisi Ahad (18/7/2021) kemarin memuat pidato Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT yang disampaikan dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (17/7/2021).

Nova mengajak segenap masyarakat Bumi Serambi Makkah ini untuk meneladani semangat pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim as.

Spirit pengorbanan Nabi Ibrahim, kata Nova, tercermin dari kesanggupan beliau menyembelih anak kandung yang sangat dicintainya, yaitu Ismail alaihissalam, demi semata-mata mengharap rida dari Allah Swt.

"Semoga Allah menjadikan momentum ini untuk menguatkan semangat pengorbanan kita demi tegaknya syariat agama-Nya," ujar Nova.

Menurutnya, pengorbanan adalah sebuah konsekuensi logis dari keyakinan yang diperjuangkan untuk mencapai keridaan Allah. "Maka sudah sepatutnya, semangat pengorbanan Nabi Ibrahim tersebut harus menjadi pelajaran berharga terhadap kesanggupan kita mengorbankan diri, keluarga yang disayangi demi kebaikan dan kemaslahatan kita bersama," timpalnya.

Diakuinya, bagi umat Islam, Hari Raya Iduladha adalah media untuk menjalin silaturahmi antarsesama kaum muslimin. "Namun, karena keadaan yang belum memungkinkan, maka silaturahmi yang biasa kita jalankan mengalami keterbatasan. Oleh sebab itu, kita mesti rela berkorban, terutama perasaan ketidaknyamanan demi kebaikan kita bersama," ajak Nova.

Dalam pidato itu gubernur menyampaikan, yang terpenting dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim as adalah pelajaran tersebut mesti dapat dimanifestasikan, terutama di tengah-tengah keadaan pandemi Covid-19 yang masih melanda Aceh dan dunia.

Dalam rangka pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, gubernur berharap kepada seluruh masyarakat Aceh agar dalam perayaan Iduladha tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Nah, kita apresiasi imbauan bermuatan religius yang disampaikan Gubernur Aceh. Imbauan yang sangat relevan dengan momentum Iduladha yang kita rayakan esok hari.

Bagi yang mau berkurban sesuai kesanggupan, berupa sapi, kerbau, atau kambing masih tersedia waktu untuk membeli hewan kurban.

Jika tak sempat disembelih pada hari pertama Iduladha, masih bisa pada hari kedua, bahkan hari ketiga, dan dagingnya segera dibagi-bagikan kepada fakir, miskin, dan anak yatim.

Tidak ada ibadah pada hari Iduladha yang paling dicintai Allah, kecuali menyembelih hewan kurban. Bagi yang sanggup, berkurbanlah. Perintah untuk berkurban disejajarkan Allah dalam Surah Alkautsar dengan perintah shalat. Dirikanlah shalat dan berkurbanlah!

Semoga berbagai bentuk pengorbanan yang dilakukan masyarakat Aceh selama ini, terutama di masa pandemi ini, senantiasa mendapat rida dari Allah Swt.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved