Breaking News:

Haji Bakry Khatib Idul Adha di Sabang

Cendekianawan Aceh, Dr HM Bakry Usman MsI PhD menyampaikan khutbah hari raya Idul Adha tahun 1442 H/20 Juli 2021 M di Masjid Babul Iman

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Khatib Idul Adha di Madjid Babul Iman di Sabang 

BANDA ACEH - Cendekianawan Aceh, Dr HM Bakry Usman MsI PhD menyampaikan khutbah hari raya Idul Adha tahun 1442 H/20 Juli 2021 M di Masjid Babul Iman Kota Sabang.

Dalam khutbahnya itu, ia menyampaikan tentang kisah Nabi Ibrahim dan Ismail dalam pengorbanannya kepada Allah SWT. Kedua sang rasul tersebut berkorban karena Allah SWT, karena keikhlasan itulah maka Allah menggantikannya dengan seekor kibas besar.

Intelektual muslim yang juga alumni Pasantren Dayah Munawarrah Kuta Krueng Kecamatan Bandar Dua Pidie Jaya yang juga pernah mondok Di Pasantren Dayah MIL Lambhuek Kota Banda Aceh ini juga menguraikan hikmah qurban dengan menguraikan beberapa ayat Al-quran dan hadis.

“Barang siapa ada kemudahan rezekinya tapi tidak mau berqurban, tinggal pilih mati sebagai nasrani atau mati sebagai yahudi,” (hadis). Menurut Haji Bakry yang juga pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPHB ini, orang yang berqurban di Idul Adha adalah tergolong hamba hamba Allah yang “muqarrabin” yang dekat dengan Allah, sedangkan orang-orang yang “ba’idin” yang jauh dengan Allah dan dimasukkan dalam kelompok kikir.

“Karena itu mari kita berkorban,” ujar Haji Bakry yang sudah Professor Doktor ini. Khatib juga menyampaikan pentingnya menjaga silaturahmi pada hari raya Idul Adha sebab berdasarkan sabda Rasulullah yang artinya:

“Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan dimudahkan rezekinya maka sambunglah silaturahmi.” (hadis). Dalam hadis yang lain Rasulullah bersabda “Tidak masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi,” lanjut doktor lulusan University Utara Malaysia (UUM) ini yang juga lulusan doktor Universitas Merdeka Malang Jawa Timur.

Di akhir khutbahnya Prof Dr HM Bakry Usman MSi PhD yang juga pendiri Akademi Maritim Aceh Darussalam di Banda Aceh itu mengingatkan kepada jamaah tentang protokol kesehatan (protkes) Covid-19 seperti memakai masker, jaga jarak dan sering berwudhu.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved