Breaking News:

Negara Muslim Salurkan Kurban ke Aceh, Didistribusikan oleh ACT

Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyalurkan 166 ekor hewan kurban sapi dari 3 negara muslim

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
ZULFURQAN 

BANDA ACEH -  Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyalurkan 166 ekor hewan kurban sapi dari 3 negara muslim. Mengambil tagline Berqurban Tanpa Batas, hewan kurban itu disalurkan ke ke sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

Kurban tersebut dikirim oleh Türkiye Diyanet Vakf? (TDV), Hayrat Yard?m, dan Ministry of Foreign Affairs (MOFA) Kuwait lalu dikelola dan disitribusikan ke 15 kabupaten/kota di Aceh oleh Global Qurban - ACT berkolaborasi dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Türkiye Diyanet Vakf? merupakan yayasan yang didirikan oleh Direktorat Jenderal Agama Islam Turki. MOFA Kuwait adalah Kementerian Luar Negeri dari pemerintahan Kuwait. Sedangkan Hayrat Yardim salah satu lembaga kemanusiaan yang dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri Turki untuk melayani pengungsi Suriah di dalam Turki dan memiliki fokus terhadap Indonesia.

Kepala Cabang ACT Aceh, Zulfurqan menuturkan, di tahun ini mungkin tahun yang sangat berat bagi sebagian masyarakat, namun tidak melunturkan niat baik dalam berkurban. Tahun ini sebanyak 41.500 lebih penerima manfaat di Aceh mendapatkan daging kurban dari Global Qurban - ACT.

"Seperti inilah bukti sebenarnya berqurban tanpa batas, seperti tagline Global Qurban saat ini. Wujud persaudaraan muslim tanpa batas wilayah," sebutnya, Selasa (20/7).

Kurban kemudian didistribusikan ke 15 kabupaten/kota di Aceh, yakni Subulussalam, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil.

Ia menuturkan jika daging kurban ini selanjutnya didistribusikan melibatkan relawan MRI di setiap kabupaten dan kota agar tepat sasaran. Sebelumnya penerima manfaat tersebut telah di asesment dan dilihat sehingga yang menerima adalah mereka yang layak menerima daging hewan kurban.

"Agar tepat sasaran, karena banyak masyarakat Aceh saat ini yang masih kurang mampu dan membutuhkan," ujarnya.

Penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dari negara muslim ini dilakukan dari hari pertama hingga ketiga lebaran Idul Adha. Titik pemotongan hewan kurban berada di Aceh Jaya, Lhokseumawe, Pidie Jaya, dan Aceh Besar. "Alhamdulillah, di Aceh Utara juga ada 50 ekor sapi yang disembelih," ujar Zulfurqan. (mun)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved