Breaking News:

Berita Langsa

IAIN Langsa Kirim 8 Mahasiswa Ikuti KPM Melayu Serumpun di Sumatera Barat Selama 35 Hari

Sebanyak 8 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dikirim untuk mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Melayu Serumpun

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA, saat melepas keberangkatan 8 mahasiswa KPM Melayu Serumpun, di halaman kampus setempat 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Sebanyak 8 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dikirim untuk mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Melayu Serumpun PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) se-Sumatera, di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Kedelapan mahasiswa yang melakukan KPM Melayu Serumpun, yaitu Nuran Nabila Anwar, Abdul Halim, Muhammad Rifqi Seldy, Siti Balqis Syafitri, Jubaidah, Nanda Nitami, Desi Sari Ayuni, dan Jatian Draini.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA, menyebutkan, KPM kolaborasi melayu serumpun ini merupakan salah satu implementasi dari program kampus merdeka dan merdeka belajar. 

Baca juga: Diduga Ban Lepas, Isuzu Panther Pikap Hantam Pohon Mangga di Padang Tiji, Pidie

Lewat program tersebut banyak kegiatan yang dilaksanakan antar perguruan tinggi, antarlembaga antar institusi sesuai dengan pengembangan profesional keilmuan yang dimiliki.

Dijelaskan Rektor, dalam melaksanakan KPM serumpun banyak hal yang dapat diambil pelajaran.

Disamping perjalanan yang jauh dijadikan sebagai sebuah proses pembelajaran, mahasiswa juga dapat memahami kultur kehidupan masyarakat Melayu.

Selain itu, meskipun sumber dalam menjalankan perintah agama Islam itu sama, memiliki aqidah yang sama bahkan mungkin panduan yang sama.

Baca juga: RSUZA Segera Buka Layanan Pembukaan Penyumbatan Pembuluh Darah Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Namun terdapat tradisi yang berbeda dalam memahami agama itu sendiri, sehingga tema KPM yang diangkat yaitu "Moderasi Beragama dan Kearifan Lokal Melayu Serumpun". 

Tidak terlepas juga beda cara pelaksanaannya, apalagi dengan latar belakang daerah yang berbeda, tentunya traidisi-tradisi yang tidak biasa kita lihat disini akan kita lihat ditempat KPM nantinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved