Breaking News:

Video

VIDEO Pemugaran Situs Sejarah Islam di Pidie, Makam Tgk Di Simpang Anak Pengarang Kitab Lapan

Tarmizi A Hamid, keturunan ke 7 Tgk Di Simpang mengatakan, pemugaran ini dilakukan untuk melindungi situs cagar budaya sejarah intelektual Islam.

Penulis: Idris Ismail | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Anak kandung ulama kharismatik Aceh, Tgk H Usman Ali Kuta Krueng yaitu Tgk H Nurdin atau kerap disapa Abuya Kuta Krueng, Senin (26/7/2021) menepung tawari pemugaran komplek situs sejarah makam Muhammad Bin Ahmad Khatib Langgien yang berada di Gampong Kruet Teumpeun, Kemukiman Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie.   

Prosesi tepung tawar pemugaran makam Muhammad Bin Ahmad Khathib atau yang dikenal Tgk Di Simpang ini turut dihadiri oleh ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, Muspika Kecamatan Glumpang Tiga serta tokoh masyarakat setempat.   

Tarmizi A Hamid salah satu dari keturunan ke 7 Tgk Di Simpang kepada Serambinews.com, mengatakan, pemugaran ini dilakukan untuk melindungi situs cagar budaya sejarah intelektual Islam di Aceh, dengan dana yang bersumber dari swadaya masyarakat, ahli waris serta beberapa hamba Allah lainnya.  

Adapun pemugaran yang dilakukan dengan mendirikan bangunan berukuran 11 meter persegi yang didalamnya terdapat makam Muhammad Bin Ahmad Khatib Langgien serta delapan makam lainnya.  

Sebelumnya Makam ini terlindungi oleh susunan batu bata lapisan semen telur ayam pada abad ke 19 lalu yang hingga saat ini masih berdiri kokoh dengan dilindungi oleh rerumputan.   

Perlu diketahui, makam anak kandung pengarang kitab Lapan itu telah berada sejak abad ke 18 Masehi.  

Adapun karya monumental yang pernah dilahirkan yaitu berupa, kitab Lapan terdiri dari beberapa bab, Tarikat Syatthariah, Syifaul Qulub, Bustanul Shaliqin, Mahasfatih Al-Ghuyub bi Unillahi Al-Maliki Ma'bud, Mirajus  Shaliqin, Ziya-Ul Wara serta Asrruddin Li Ahlul Musyawarah Wal Yaqin.  

Narator: Ilham
Video Editor: Hari Mahardhika

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved