Breaking News:

Invest In Aceh

Aceh Terbuka untuk Investasi, Disampaikan Gubernur Dalam Pertemuan IMT-GT

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengikuti Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Chief Minister....

Editor: bakri
Dok Humas
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengikuti Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Chief Minister & Governors Forum ke -18 (CMGF) yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (30/7/2021) 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengikuti Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Chief Minister & Governors Forum ke-18 (CMGF) yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (30/7/2021).  Pertemuan itu di antaranya membahas langkah bersama memulihkan ekonomi tiga negara di tengah pandemi dan usai pandemi Covid-19 nantinya.

Selain Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pertemuan itu diikuti langsung oleh Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Gubernur Lampung.

Sementara itu juga ikut delapan Menteri Besar Negara Bagian di Semenanjung Malaysia dan 14 Gubernur dari provinsi negara Thailand.

Dari Aceh acara itu diikuti juga oleh Kepala DPMPTSP, Kadisbudpar, Kadisperindag, Kadiskop dan UKM, Sekretariat MPU, Kadistambun dan Staf Khusus Gubernur Aceh.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Aceh terbuka untuk investasi dan berkomitmen dalam memberikan kemudahan berusaha dengan meningkatkan iklim  investasi dan infrastruktur.

"Kami akan menyediakan semua bantuan dan dukungan kepada mitra kami untuk mengeksplorasi, berdagang dan berinvestasi di Aceh," katanya.

Hal itu, lanjut Nova, ditujukan untuk mencapai visi 2036, yaitu menjadikan kawasan IMT-GT yang terintegrasi, kawasan yang inovatif, inklusif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Menteri Besar Negara Kelantan Malaysia, Dato' Haji Ahmad bin Yakob mengatakan, ketiga negara yang tergabung dalam Forum IMT-GT, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand, sangat perlu bekerja sama dalam menghadapi pandemi.

"Pandemi Covid-19 bukan hanya menghancurkan kesehatan, tapi juga sendi ekonomi bagi ketiga negeri kita ini," katanya.

Dato' Ahmad menyebutkan, tujuan dari meeting Chief Minister & Governors Forum ke-18 ini adalah untuk membahas dan menangani isu tiga negara dalam kerja sama bisnis IMT-GT.

Selain itu juga dilakukan untuk membahas pencapaian yang berhasil dilakukan menindaklanjuti pertemuan IMT-GT yang lalu.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Ia berharap, kerja sama ini bisa memulihkan ekonomi ketiga negara. "Pencapaian Forum IMT-GT ini mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang nyata bagi ketiga negara," katanya.

Saat ini, kata Herman Deru, mereka tengah menyusun cetak biru untuk menjadikan kawasan yang terintegrasi dan berkelanjutan. Dalam pandangan pihaknya, program bersama yang termuat dalam cetak biru itu bisa memulihkan ekonomi paska pandemi. Karena itu, harus ada terobosan baru untuk percepatan pelaksanaan program.

"Kolaborasi yang efektif menjadi kunci menjalankan program bersama ini," ujar Herman Deru.(dan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved