Breaking News:

212 Advokat Menyatakan Siap Bela Munarman di Persidangan, Berikut Daftar Namanya

"Ia menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Statusnya disebut telah menjadi tersangka sejak 21 April lalu," kata Aziz saat dalam keterangannya, dik

Editor: Faisal Zamzami
Istimewa
Mantan Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap tim Densus 88 Antiteror Polri, Selasa (27/4/2021). 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Kuasa Hukum Munarman, Aziz Yanuar menyatakan setidaknya ada ratusan nama advokat yang siap membela Munarman jika perkaranya masuk dalam pengadilan.

Diketahui, Munarman ditangkap jajaran kepolisian dari Detasemen Khusus (Densus) Anti-Teror 88 di rumahnya di Tangerang Selatan, Banten, atas tuduhan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme dan bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme.

"Ia menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Statusnya disebut telah menjadi tersangka sejak 21 April lalu," kata Aziz saat dalam keterangannya, dikutip Senin (2/8/2021).

Hingga kini pihak Densus 88 Anti-teror Polri masih melakukan penahanan terhadap eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) itu di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Dalam penjelasannya, Aziz Yanuar membeberkan rekam jejak Munarman yang telah berkecimpung lama menjadi advokat.

Adapun kata Aziz, Munarman pernah menjadi bagian dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) bahkan pernah menjabat sebagai ketua.

Tak hanya itu, Munarman juga pernah menjabat sebagai Koordinator KontraS Aceh pada 1999-2000.

Rekam jejak tersebut kata Aziz yang membuat banyak advokat bersedia untuk membelanya jika perkara ini telah masuk ranah persidangan.

"Sebagai Advokat senior dengan rekam jejak yang panjang di dunia hukum dan HAM tersebut, maka tak heran jika ratusan Advokat menyatakan siap membela Munaraman di persidangan sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan sejawat," katanya.

Setidaknya ada 212 nama advokat dalam daftar yang dikirimkan Aziz, termasuk dirinya sendiri yang akan membela Munarman.

Baca juga: Heboh Kabar Munarman Lumpuh Dalam Penjara, Kuasa Hukum Aziz Yanuar Ungkap Kondisi Kesehatannya

Baca juga: Polri Masih Dalami Keterlibatan Munarman Dalam Aksi Terorisme, Belum Bisa Dijenguk Kuasa Hukum

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved