Breaking News:

Mahasiswa SAA Fakultas Ushuluddin Gelar Saweu Gampong

Mahasiswa Studi Agama-agama (SAA) Fakultas Filsafat dan Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar kegiatan

Editor: hasyim
SERAMBINEWS.COM/Handover
Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Ar-Raniry melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Gampong Kajhu Aceh Besar, Minggu (1/7/2021). 

BANDA ACEH - Mahasiswa Studi Agama-agama (SAA) Fakultas Filsafat dan Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar kegiatan saweu gampong kedua di Kemukiman Pante Purba dan Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, 6-9 Agustus 2021. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari itu melibatkan 22 mahasiswa, 5 alumni, dan 5 dosen.

Ketua Prodi Studi Agama-agama, Dr Mawardi STh I MA mengatakan, kegiatan saweu gampong itu adalah agenda rutin mahasiswa Prodi Studi Agama Fakultas Filsafat dan Ushuluddin setiap tahunnya. "Kegiatan ini kolaborasi antara mahasiswa, para alumni dan dosen serta kerja sama dengan ikatan mahasiswa Sampoiniet. Ini merupakan hal mendasar terlaksana kegiatan ini," katanya.

Adapun tujuan kegiatan, lanjutnya, untuk membekali mahasiswa agar lebih memahami makna bermasyarakat. Selain itu, interaksi sosial kemasyarakatan, resolusi konflik, penyuluhan agama, pendidikan anak di TPA dan sekolah, bakti sosial, sosialisasi prodi, sosialisasi terkait pentingnya menjaga protkes di tengah pandemi juga beberapa program penting yang dilaksanakan.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Findika Anhar, menyampaikan terima kasih kepada para dosen, pimpinan fakultas dan keuchik gampong atas dukungan terhadap kegiatan tersebut. "Dengan harapan semoga bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat," katanya.

Keuchik Rantau Sabon, Pante Purba, menyambut baik terhadap kegiatan ini, dan mengharapkan agar agendanya dilaksanakan setiap tahun dan dalam waktu yang lama. "Masyarakat kami senang dengan kehadiran para mahasiswa fakultas ushuluddin dan filsafat," katanya saat serah terima mahasiswa Prodi Studi Agama-agam dari Ketua Prodi kepada keuchik setempat.

Untuk diketahui, Ranto Sabon kemukiman Pante Purba kecamatan Sampoiniet Aceh Jaya adalah sebuah desa pedalaman dengan jarak tempuh 13 KM dari pusat kecamatan.  Wilayah ini terdiri dari 6 gampong yglang berada di dekat sungai Krueng Jeureungeh. Masyarakat di sana umumnya berprofesi sebagai petani kebun, sawit, karet, nilam dan padi.

Terhadap sarana dan prasarana, masyarakat mengharapkan akses jalan, lampu jalan dan pembangunan rumah duafa. Kondisi Krueng Ie jeureungeh juga menjadi keluhan masyarakat Pante Purba. Kedangkalan Krueng jeureungeh setelah banjir bandang tahun 2016 menjadi salah satu faktor sering meluapnya saat banjir tahunan.(dan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved