Breaking News:

Tak Peduli Ancaman Kim Jong Un, Korea Selatan Tetap Gelar Latihan Militer dengan AS

Korea Utara melalui adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, memperingatkan bahwa latihan itu berpotensi membuat hubungan dengan Korea Selatan semakin tegang.

Editor: Amirullah
AP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara selama pertemuan Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara pada 17 Juni 2021. 

SERAMBINEWS.COM - Korea Selatan dan Amerika Serikat nekat menggelar latihan militer bersama di tengah tegangganya hubungan dengan Korea Utara,

Korea Selatan dan Amerika Serikat akan memulai latihan militer pendahuluan pada Selasa, (10/8/2021).

Informasi ini dilaporkan oleh kantor berita Yonhap, dilansir Sosok.ID dari Reuters, Senin (9/8/2021).

Padahal, diketahui sebelumnya Korea Utara melalui adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, memperingatkan bahwa latihan itu berpotensi membuat hubungan dengan Korea Selatan semakin tegang.

Yonhap, mengutip sumber militer dan pemerintah yang tidak disebutkan namanya mengatakan, latihan yang disebut Pelatihan Staf Manajemen Krisis itu dirancang untuk memeriksa kesiapan sekutu untuk menanggapi kemungkinan kontinjensi.

Latihan akan diadakan hingga Jumat sebelum beralih ke latihan skala penuh yang dijadwalkan terjadi pada 16-26 Agustus 2021.

Baca juga: Korea Utara Diam-diam tak Kasih Kabar, Rupanya Covid-19 Buat Kim Jong Un Itu di Ambang Kehancuran

Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan, waktu, skala dan formasi latihan itu belum selesai. Pasukan AS Korea menolak berkomentar, mengutip kebijakannya.

Untuk diketahui Korea Selatan dan Amerika Serikat secara teratur menggelar latihan militer, terutama di musim semi dan musim panas.

Tetapi, Korea Utara selama beberapa dekade murka dengan latihan dua negara tersebut, menuding AS dan Korsel melakukan latihan untuk perang.

Mengingat pandemi Covid-19, Yonhap mengatakan latihan itu sebagian besar terdiri dari simulasi terkomputerisasi tanpa pelatihan lapangan langsung yang melibatkan pasukan yang berbasis di AS.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved