Breaking News:

Vaksin Moderna

Dinkes Banda Aceh Mulai Suntik Vaksin Moderna untuk Masyarakat, Anggota DPRK Penerima Pertama  

“Untuk pemberian vaksin pertama di Kota Banda Aceh kita utamakan untuk anggota dewan. Mudah-mudahan masyarakat juga menghadiri kegiatan vaksinasi...

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Anggota DPRK Banda Aceh, Sabri Badruddin menerima suntik vaksin Moderna dari tenaga kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Senin (23/8/2021).  

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banda Aceh mulai Senin (23/8/2021) memberikan vaksin jenis Moderna kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Pemberian perdana dikhususkan untuk anggota DPRK setempat.

Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Dinkes Banda Aceh, kawasan Blower, Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman. Adapun Anggota DPRK yang hadir yaitu Sabri Badruddin, Teuku Arief Khalifah, dan Abdur Rafur.

Kepala Dinkes Banda Aceh, Lukman mengatakan pada awalnya sasaran vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ditargetkan selesai Agustus 2021. Tapi dua hari lalu, keluar regulasi yang membolehkan untuk masyarakat.

“Untuk pemberian vaksin pertama di Kota Banda Aceh kita utamakan untuk anggota dewan. Mudah-mudahan masyarakat juga menghadiri kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Puskesmas nanti,” katanya.

Lukman menjelaskan, perlakuan suntik vaksin Moderna berbeda dengan Sinovac. Setiap vial untuk 14 dosis atau untuk 14 orang. Tidak seperti Sinovac yang bisa diberikan untuk satu orang dari satu vial.

Syarat untuk mendapatkan vaksin Moderna, kata Lukman, pertama sekali adalah belum pernah divaksin Sinovac. Berbeda dengan nakes, harus sudah divaksin Sinovac sebanyak dua kali. Sedangkan proses skriningnya sama dengan Sinovac.  

“Kalau ada masyarakat yang ingin vaksin Moderna daftar saja dulu ke Puskesmas (sampai terkumpul 14 orang). Nanti kita jadwalkan (penyuntikannya). Tapi bagi masyarakat yang ingin Sinovac masih kita layani,” ungkapnya.

Lukman juga menyampaikan, untuk tahap pertama Banda Aceh menyediakan 4.700 dosis vaksin Moderna. Pihaknya, lanjut Lukman, akan mengambil kembali ke provinsi bila dianggap masih ada masyarakat yang membutuhkannya.    

Di sisi lain, Kepala Dinkes Banda Aceh ini juga mengungkapkan bahwa saat ini progres vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh sudah 54 persen. Angka tersebut yang tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Aceh dan bahkan nasional.(*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved