Breaking News:

BRI Luncurkan Fitur QR Pedagang, TransaksiCashless Bisa lewat BRImo

BRI terus menghadirkan inovasi dan terobosan guna memberikan kemudahan bagi para pedagang dalam melakukan transaksi selama masa pandemi

Editor: bakri
Foto: BRI
Wakil Direktur Utama Bank BRI, Catur Budi Harto, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Pembayaran Bank Indonesia, Ricky Satria dan Division head Retail Payment Division BRI, Dhoni Ramadi me-launching BRImo QR Pedagang, di Studio Utama BRI Inovation Center yang disiarkan melalui aplikasi Zoom, Selasa (24/8/2021). 

BANDA ACEH - BRI terus menghadirkan inovasi dan terobosan guna memberikan kemudahan bagi para pedagang dalam melakukan transaksi selama masa pandemi. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi digital, akan semakin memudahkan nasabah sekaligus pelaku usaha untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terbatas ruang dan waktu, termasuk dalam melakukan transaksi perbankan.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto menyampaikan, trend payment di era digital kini menunjukkan perubahan dimana nasabah mulai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu metode pembayaran. Saat ini, telah banyak QRIS Merchant Present Mode (MPM) dan Customer Present Mode (CPM) dari issuer yang bisa dimanfaatkan oleh customer untuk melakukan scan QRIS yang tersedia di pedagang atau pelaku usaha UMKM.

“BRI memberikan solusi inovatif yang pertama dalam dunia perbankan di Tanah Air, salah satunya dengan peluncuran QRIS CPM as Acquirer yang terdapat di dalam aplikasi BRImo,” kata Catur Budi Harto dalam acara launching BRImo QR Pedagang, di Studio Utama BRI Inovation Center yang disiarkan melalui aplikasi Zoom, Selasa (24/8/2021).

Ditambahkan, dengan fitur ini, pedagang dapat memiliki aplikasi One Stop Service hanya dengan melakukan scan pada QR yang ditampilkan oleh customer. Fitur tersebut mampu mempermudah pedagang serta customer dalam bertransaksi non-tunai, terutama akan lebih menguntungkan bagi sisi pedagang karena fitur ini mampu meminimalisir resiko kesalahan input nominal.

Direktur Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan, hingga saat ini jumlah nasabah BRImo mencapai 11,7 juta pengguna, dan seluruh pengguna BRImo tersebut apabila sudah terhubung menjadi merchant QRIS maka dapat langsung memanfaatkan fitur QR Pedagang ini.

"Bagi pelaku UMKM yang telah memiliki QRIS BRI namun belum terhubung dengan BRImo, maka dapat langsung melakukan download aplikasi BRImo di Playstore maupun Appstore dan melakukan registrasi financial, maka QRIS BRI tersebut dapat langsung otomatis terhubung dengan fitur QR Pedagang di dalam aplikasi BRImo," imbuhnya.

Ia menyebutkan jumlah merchant QRIS BRI sudah mendekati 500 ribu merchant dan angka ini akan terus meningkat. Perseroan menargetkan angka QRIS sampai dengan akhir Desember 2021 mencapai lebih dari 1 juta merchant QRIS.

Handayani menjelaskan cara menjadi mitra merchant BRI pun cukup mudah. Nasabah yang sudah terdaftar sebagai merchant QRIS pada aplikasi BRImo dapat otomatis menggunakan fitur QR Pedagang. Sedangkan bagi nasabah atau non-nasabah BRImo yang belum terdaftar menjadi merchant QRIS cukup mendaftar melalui website https://jadimerchantQRISbri.com, lalu mengisi form aplikasi online yang telah tersedia serta memastikan alamat dan nomor handphone yang didaftarkan sudah sesuai untuk mempermudah tahapan verifikasi.

Handayani juga menyampaikan, kedepan akan ada kerja sama yang bisa dilakukan dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). “Untuk kita bisa melakukan kolaborasi untuk teman-teman yang ada di Aceh,” sebutnya menjawab pertanyaan yang diajukan Serambi.

Hal itu karena di Aceh seluruh perbankan sudah konversi dari konvensional ke syariah. Termasuk BRI yang sejak berlaku Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Nomor 11 Tahun 2018 beralih ke BRIsyariah yang selanjutnya pada Juni 2021 roll out ke BSI.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bagi pedagang untuk dapat memanfaatkan BRImo ini harus memiliki rekening di BRI. Pembukaan rekening bisa dilakukan dengan digital saving.

“Dan dari pembukaan rekening digital saving itu bisa terus download BRImo agar bisa memanfaatkan QRIS Pedagang yang ada di BRImo untuk menerima transaksi. Jadi memang meskipun tidak ada BRI di Aceh, tapi pembukaan rekening bisa dilakukan secara digital dan dipilih terdekat dengan Aceh dimana (Bank-nya),” kata Handayani.(una)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved