Breaking News:

Hati-hati! Masyarakat yang Unggah Ulang Video Youtuber Muhammad Kece Bisa Kena UU ITE

Ahmad mengakui konten Muhammad Kece memang banyak dibagikan oleh masyarakat lain. Ia meminta agar tidak menyebarkan video yang diduga menistakan agama

Editor: Amirullah
Captur YT MuhammadKece
YouTuber Muhammad Kece - Kabar Terbaru, Muhammad Kece telah dilaporkan ke Bareskrim Polri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat yang turut menyebarkan ulang atau repost video Youtuber Muhammad Kece yang diduga sebagai tindak pidana penistaan agama juga bisa berpotensi melanggar undang-undang ITE.

"Ya bisa (kena UU ITE), cuma kita lagi fokus kepada yang membuat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (25/8/2021).

Ahmad mengakui konten Muhammad Kece memang banyak dibagikan oleh masyarakat lain. Ia meminta agar tidak menyebarkan video yang diduga menistakan agama tersebut.

Apalagi, kata Ahmad, pihak kepolisian dan Kemenkominfo tengah berupaya untuk dapat memblokir sejumlah konten yang diunggah oleh Youtuber Muhammad Kece tersebut.

Baca juga: Update Pembunuhan Ibu dan Anak, Jasad Amalia Tanpa Busana, Istri Muda Suami Korban Diperiksa

"Ada masyarakat yang membagikan secara liar. Sementara konsentrasi yang dilakukan Polri dan Kominfo adalah akun MK. Jadi bisa saja, postingan itu masih ada, tapi bukan lagi ditemukan dari postingan MK," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati membagikan postingan yang menyinggung SARA dan berpotensi melanggar UU ITE.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar postingan yang memiliki konten dapat berisiko bersangkutan menjadi pelaku atau jadi tersangka UU ITE agar dihindari karena akan berisiko, akan membuat kegaduhan, juga akan berpotensi memecah belah. Resiko yg memposting akan dapat menjadi pelaku UU ITE," tukasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Masyarakat Yang Ikut Repost Video Youtuber Muhammad Kece Juga Bisa Kena UU ITE

Baca juga: Cara Usul untuk Ajukan Bansos Kemensos Melalui Aplikasi Cek Bansos, Siapkan Syarat Ini

Baca juga: Kasus Penistaan Agama Naik ke Tahap Penyidikan, Polisi Cari Keberadaan YouTuber Muhammad Kece 

Baca juga: Sosok Muhammad Damis, Hakim yang Ringankan Hukum Juliari Batubara Karena Dicaci Masyarakat

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved