Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Bunga Situnjung & Miniatur Adat Aceh Selatan Sah Jadi Hak Paten Aceh Selatan, Diserahkan Kemenkumham

Hal ini dibuktikan dengan telah diserahkan Sertifikat Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal "Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan" kepada Ket

Penulis: Taufik Zass | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Perwakilan Kanwil Kemenkumham Aceh menyerahkan Sertifikat Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal "Bunga Situnjung dan Miniatur adat Aceh Selatan" kepada Bupati, Tgk Amran dan Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Ny Kailida SPdI di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (26/8/2021) 

Hal ini dibuktikan dengan telah diserahkan Sertifikat Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal " Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan" kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Ny Kailida SPdI. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan sudah menjadi hak paten Aceh Selatan.

Hal ini dibuktikan dengan telah diserahkan Sertifikat Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal " Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan" kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Ny Kailida SPdI. 

Penyerahan ini berlangsung dalam kegiatan edukasi tentang pencegahan pelanggaran kekayaan Intelektual. 

Acara digelar Kanwil Kemenhumham Aceh ini berlangsung di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan Edukasi tentang pencegahan pelanggaran kekayaan Intelektual yang dibuka Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran ini merupakan Kerja Sama Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asazi Manusia (Kemenhumham) Aceh dengan Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Selatan.

Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Divisi Hukum dan HAM Kanwil Kemenhumham Aceh, Sasmita SH MH mewakili Kepala Kanwil Kemenhumham Aceh.

Kemudian Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenhumham Aceh, Irfan SH MH, Kasubid Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenhumham Aceh, Taufik SH selaku Panitia pelaksana. 

Kemudian Kepala Rutan Kelas IIB Tapaktuan, Sofyan SH serta para Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Aceh Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Hukum dan HAM Kanwil Kemenhumham Aceh, Sasmita SH MH mewakili Kepala Kanwil Kemenhumham Aceh, mengimbau para pelaku usaha mendaftarkan Hak Paten (HAKI) produknya.

Begitu juga kepada kepada pelaku seni budaya dan adat istiadat agar mendaftarkan Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal untuk melindungi potensi dan Kekayaan Seni Budaya serta Adat Milik Daerah agar jangan sampai di ambil oleh Daerah lain.

Dalam Kesempatan ini, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, mengarahkan semua peserta agar sama-sama menjaga sekaligus menindak lanjuti apa yang disampaikan Kakanwil Kemenkumham Aceh sesuai fungsi masing masing.

Disela-sela acara tersebut juga diserahkan Sertifikat Ekpresi Kekayaan Intelektual Komunal

" Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan" kepada ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Kailida SPdi yang diusulkannya beberapa bulan yang lalu sebagai khasanah Motif dan Budaya milik Kabupaten Aceh Selatan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Ny Kailida SPdi berterimakasih kepada Kakanwil Kemenkumhan Aceh yang telah merealisasikan pendaftaran motif Bunga Situnjung dan Miniatur Adat Aceh Selatan yang sudah lama menjadi dambaan masyarakat Aceh Selatan.

Ketua Dekranas juga berjanji akan mengajak perajin Binaan Dekranasda Kabupatem Aceh Selatan agar dapat mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved