Breaking News:

Ramli MS Akan Tuntaskan Jalan Ring Road Agar tak Ada Lagi Desa-desa Terisolir

PEMKAB Aceh Barat terus mengebut pembangunan jalan ring road (jalan lingkar) sebagai akses transportasi masyarakat daerah terpencil

Editor: bakri
SERAMBINEWS/Dok PUPR Aceh Barat.
Bupati Aceh Barat, Ramli MS bersama Kadis PUPR dan anggota DPRK setempat meninjau lokasi pembangunan jalan Bakat Jawi, di Kecamatan Woyla, Sabtu (28/8/2021). 

PEMKAB Aceh Barat terus mengebut pembangunan jalan ring road (jalan lingkar) sebagai akses transportasi masyarakat daerah terpencil. Diharapkan jalan itu tuntas di akhir kepemimpinan Ramli MS sebagai bupati, sekaligus menjadi hadiah istimewa bagi masyarakat Aceh Barat.

Untuk menggenjot percepatan jalan tersebut, Ramli MS secara rutin berkunjung ke beberapa titik lokasi proyek. Pada kunjungan Sabtu (28/8/2021), Bupati turut mengajak Anggota DPRK Aceh Barat dari Fraksi Partai Aceh (PA), Dahlan dan Hamdan SE, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat, Dr Kurdi.

Kunjungan dipusatkan di lokasi proyek jalan ring road dua jalur yang menghubungkan Kecamatan Arongan Lambalek, Woyla Raya, dan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat.

“Jalan ring road yang menghubungkan antar kecamatan ini terus dikebut pengerjaannya, guna membuka akses transportasi bagi desa-desa yang masih terisolir. Sehingga diharapkan ke depan supaya roda perekonomian masyarakat desa nantinya bisa meningkat,” kata Ramli MS.

Bupati berharap, dengan tuntasnya jalan itu tidak ada lagi desa di Aceh Barat yang terisolir akibat tidak adanya akses jalan yang memadai. Jalan itu juga akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedalaman untuk melakukan segala aktivitas ekonominya. "Dengan terbukanya akses transportasi, petani bisa dengan mudah menjual hasil pertanian atau perkebunan ke kecamatan hingga ke kota Meulaboh tanpa harus melalui perantara," timpalnya.

Ia optimis bahwa pengerjaan proyek ruas jalan ring road ini bisa diselesaikan sesuai target, sehingga masyarakat pun bisa segera merasakan manfaat dari pembangunan yang diberikan oleh pemerintah.

Panjang 156 Km

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Dr Kurdi dalam kesempatan tersebut mengatakan, secara keseluruhan jalan ring road yang dibangun mencapai 156 kilometer (km). “Dari 156 km tersebut, saat ini hanya tinggal sekitar 10 km lagi yang belum teraspal, termasuk beberapa unit jembatan rangka baja yang insya Allah akan tuntas 2022 mendatang,” kata Kurdi.

Dia juga menyebutkan, kemarin ada dua lokasi yang dikunjungi Bupati bersama dua Anggora DPRK, yaitu proyek jalan Bakat Jawi yang sedang dalam proses pengaspalan sepanjang 7 km dengan pagu anggaran Rp 16,8 miliar, dan pengerjaan jembatan Gasee-Siput di Kecamatan Sungai Mas, dengan nilai anggaran Rp 13,2 miliar. “Progres saat ini sudah ke tahapan erection lebih kurang 80 meter,” sebutnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved