Breaking News:

Berita Aceh Barat

IMC Aceh Ungkap Ciri-ciri Orang Pecandu Narkoba

Dari segi psikis orang yang kecanduan cenderung emosional, cepat bosan, membangkang, berbicara kasar, berbohong, ingkar janji.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Taufik Hidayat
Dok IMC Aceh
Pengurus IMC Aceh saat memberikan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat kepada para pemuda dan ibu PKK, Minggu (29/8/2021) di Aula Kantor Keuchik Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Sudah semestinya semua pihak mesti harus menjauhi narkoba, karena dampaknya berakibat buruk bagi diri sendiri dan keluarga.

Dampak ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup, dan dampak ini bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial, ekonomi, dan lain-lain.

Berikut tanda-tanda seseorang kecanduan narkoba adalah dari segi fisik berat badan menurun, berkeringat, mata cekung dan merah, muka pucat, buang air besar dan kecil kurang lancar, tidak ada nafsu makan, sakit perut, tangan berbintik merah seperti bekas gigitan nyamuk (akibat suntikan).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Indonesia Motivator Community (IMC) Aceh, Ners Rosdiana, pada kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat yang diikuti oleh para pemuda dan ibu PKK, Minggu (29/8/2021) di Aula Kantor Keuchik Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Disebutkan, bahwa dari segi psikis orang yang kecanduan cenderung emosional, cepat bosan, membangkang, berbicara kasar, berbohong, ingkar janji.

Disamping dari segi perilaku orang yang kecanduan cenderung malas, bersikap acuh, jarang mandi, sering batuk dan bersin, menguap terus, suka mencuri.

Baca juga: Bentrokan Sengit Pecah di Lembah Panjshir, Delapan Anggota Taliban Tewas

Baca juga: Kasus Tabrakan Kapal Nelayan Masih Mengambang, DPRK Akan Panggil Kembali PT Mifa

Baca juga: VIDEO - Diduga Terlibat Praktek Prostitusi, Aparat Segel Salah Satu Wisma di Meulaboh Aceh Barat

Sementara pelatihan yang dilaksanakan tersebut diharapkan semoga satgas pageu gampong dapat terbentuk, sehingga  dapat membantu dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba nantinya.

Ia menambahkan, bahwa hal-hal yang dapat dilakukan agar tidak terjerumus narkoba diantaranya, pendidikan atau penyuluhan tentang narkoba, menghindari coba-coba.

Selain itu juga kenali ancaman hukuman bagi pemakai, pembuat maupun pengedar, memperkuat keimanan, memilih pergaulan yang sehat, mempererat hubungan dengan keluarga, dan menghindari pintu masuk narkoba yaitu rokok.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved