Breaking News:

Berita Langsa

Debit Air Tinggi, Bantaran DAS Krueng Langsa Amblas Ancam Rumah Warga

Bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kreung Langsa di Lorong Kuburan Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama amblas atau mengalami erosi

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Kondisi bantaran DAS Krueng Langsa di Dusun Kuburan Gampong Sidorejo Amblas Akibat Debit Air tinggi, Minggu (5/9/2021) 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kreung Langsa di Lorong Kuburan Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama amblas atau mengalami erosi pascaturun hujan sejak berapa hari pekan lalu.

Akibat terjadinya erosi itu sejumlah rumah warga sekitar terancam roboh bersamaan dengan amblasnya tanah bantaran Kreung Langsa tersebut. 

Salah seorang warga setempat, Adi, Senin (6/9/2021) mengatakan, pengikisan tanah atau erosi tanah di bantaran Krueng Langsa di Lorong Kuburan Gampong Sidorejo ini semakin mengkhawatirkan saja.

Terutama warga yang tinggal di sekitar bantaran Krueng Langsa ini. Mareka was-was karena arosi bantaran sungai ini semakin hari-semakin melebar dan mulai mengarah ke posisi rumah warga.

Baca juga: Tim Unsam Langsa Perkenalkan Ke Petani Solar Dryer Dome Teknologi Untuk Pengering Bawang Merah 

Baca juga: Ombudsman Akan Investigasi Proses Seleksi Penerima Beasiswa Aceh

"Pengikisan bantaran Krueng Langsa sudah lama terjadi, namun selama sepekan ini makin parah karena debit air di DAS tinggi, menyusul hujan dan air hantaran dari arah pegunungan," jelasnya.

Sebagian warga yang bagian tanah pondasi dapur rumahnya mulai terkikis, terpaksa mengakalinya dengan memasang trucuk bambu untum menghambat kikisan tanah.  

Warga daerah tersebut berharap pemerintah setempat melalui dinas terkait mencari solusi untuk menghentikan pengikisan bantaran DAS Krueng Langsa di Lorong Kuburan Gampong Sidorejo ini.(*) 

Baca juga: Ubah Konstitusi Demi Jabat 3 Periode, Kini Presiden Guinea Dikudeta dan Ditahan Pasukan Khusus

Baca juga: Harga Emas Turun, Berikut Harga Emas Hari Ini dan Harga Emas Per Gram, Senin 6 September 2021

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved