Breaking News:

Jurnalisme Warga

Masjid Agung, Ikon Destinasi Wisata Islami di Tapaktuan

PADA tahun 2021 ini kampus tempat saya mengabdi, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, telah meluncurkan dana penelitian

Editor: bakri
Masjid Agung, Ikon Destinasi Wisata Islami di Tapaktuan
FOR SERAMBINEWS.COM
MUKHSINUDDIN, M.M Koordinator Forum Aceh Menulis Chapter (FAMe) Meulaboh, melaporkan dari Tapaktuan

OLEH MUKHSINUDDIN, M.M Koordinator Forum Aceh Menulis Chapter (FAMe) Meulaboh, melaporkan dari Tapaktuan

PADA tahun 2021 ini kampus tempat saya mengabdi, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, telah meluncurkan dana penelitian untuk dosen-dosen peneliti dengan berbagai tema yang layak diteliti, baik penelitian tentang sosial keagamaan di Aceh maupun di luar Aceh.

Untuk tahun ini, saya bersama tim mengambil tema tentang Penelitian Dasar Interdisipliner Perguruan Tinggi di Provinsi Aceh. Termasuk yang menjadi lokasi penelitian kami tahun ini meskipun masih di masa pandemi adalah Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan. Kita tahu Aceh Selatan merupakan salah satu daerah penghasil pala terbesar di Indonesia, setelah Maluku.

Selain itu, kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh ini juga menyimpan berbagai pesona alam yang luar biasa indahnya. Karena pantai dan pegunungannya yang indah dan asri membuat daerah ini bagaikan "kepingan surga" di bagian selatan Aceh. Kabupaten yang kaya laut dan gunung ini penuh dengan objek wisata alam yang begitu memesona. Ini adalah anugerah Allah Yang Mahakuasa bagi penikmat wisata dan pelancong.

Untuk kali ini saya menulis reportase tentang destinasi wisata islami yang ada di Aceh Selatan, yaitu Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan.Saya bersama tim berangkat dari Meulaboh menuju Tapaktuan pada Kamis siang lalu untuk melakukan penelitian di Tapaktuan. Kami tiba di sana sekitar pukul 21.00 WIB, saat kehidupan malam belum berakhir. Kami langsung menginap di Metro Hotel yang berdekatan dengan Kantor Bupati Aceh Selatan.

Di depannya langsung berhadapan dengan bibir pantai Tapaktuan yang air lautnya biru dan jernih. Kota ini dijuluki "Kota Naga" yang terkenal dengan legenda naganya yang berupaya melarikan seorang putri nan sedang tidur. Upaya naga tersebut berhasil digagalkan Tuan Tapa dengan melemparkan tongkatnya ke arah naga. Legenda ini masih dipercaya masyarakat setempat hingga kini. Esoknya, setelah sarapan pagi di penginapan kami pun bergerak melakukan penelitian di Tapaktuan.

Ada beberapa tempat yang kami datangi untuk penelitian sampai tiba waktunya shalat Jumat. Kami pun langsung menuju Masjid Agung Istiqamah, sebuah masjid yang terletak di bibir pantai Tapaktuan.

Dari masjid ini terlihat jelas laut biru di teluk Tapaktuan nan permai. Masjid agung ini bukan saja resik, tetapi juga indah karena di sekitaranya dihiasi taman yang begitu indah. Hati jamaah damai memandangnya. Taman ini dibangun dan dirawat oleh pemerintah setempat, sehingga keindahannya terjaga. Di masjid agung ini kami mendengar khotbah yang disampaikan khatib dengan materi yang menyejukkan jiwa. Bahasannya tentang empat jurus yang bisa membuat hidup kita aman, tenteram, sehat bugar.

Keempat jurus itu adalah kita harus kuatkan iman pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita semakin dekat dengan Allah Yang Mahakuasa dengan melaksanakan berbagai ibadah wajib dan sunah, yaitu selalu melaksanakan shalat wajib dan shalat sunah tahajjud, duha dan lainnya. Lalu kita harus kuatkan imunitas dalam menghadapi pandemi ini dengan menjaga pola makan yang bergizi dan halal. Kemudian, kita harus aman dari berbagai gangguan keamanan.

Untuk itu kita harus ikuti anjuran pemerintah menjaga protokol kesehatan serta melaksanakan vaksinasi. Jurus terakhir yang harus kita lakoni, menurut khatib, adalah amin. Yaitu, senantiasa berdoa agar dikabulkan semua permohonan oleh Allah, terutama permohonan untuk hidup sehat dan diberikan umur yang berkah. Seusai shalat Jumat, tak lupa kami berswafoto di taman samping Masjid Agung Istiqamah. Dari sini tampak Gunung Putri Tidur yang hijau, bagian dari legenda Kota Naga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved