Breaking News:

Hasil Tangkapan Nelayan Mulai Melimpah

Ketua Asosiasi Industri Ikan Aceh (AIIA), Nurchalis mengatakan, saat ini hasil tangkapan nelayan

Editor: hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Sejalan dengan mulai meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan pada minggu ketiga bulan September 2021 ini, akan membuat harga lelang ikan, menurun secara bertahap. Suasana lelang ikan di TPI Dermaga Lampulo, Banda Aceh, Senin (20/9/2021). 

BANDA ACEH - Ketua Asosiasi Industri Ikan Aceh (AIIA), Nurchalis mengatakan, saat ini hasil tangkapan nelayan mulai meningkat. Hal itu akan mempengaruhi harga lelang ikan di sejumlah daerah. Namun, ia berharap harga lelang tersebut jangan sampai anjlok, atau dibawah Rp 7.000/kilogram (kg).

Dikatakan, saat ini hasil tangkapan nelayan PPS Kutaradja Lampulo mulai meningkat. Kenaikan hasil tangkapan itu jangan sampai membuat harga jual ikan nelayan jatuh. “Kalau hasil tangkapan sudah di atas 100 ton/hari, sementara daya serap kebutuhan lokal hanya 30-40 ton, maka sisanya harus dibeli pabrik pembekuan ikan yang ada di daerah dan dijual ke luar Aceh,” ujarnya.

Karena itu, Nurchalis kembali mengingatkan para nelayan agar hati-hati saat menjual atau melelang hasil tangkapan, Karena jika harganya di atas harga di luar daerah, maka nelayan di Aceh akan kesulitan untuk memasarkan ikan hasil tangkapannya ke luar daerah. Selain itu, ungkapnya, di pulau Jawa saat ini sudah mulai masuk ikan dari luar negeri, diantaranya dari Cina, yang harga jualnya hampir sama dengan harga lelang di Aceh.

“Sejauh pasar lokal masih mampu menyerap dengan harga lebih baik, silakan saja. Tapi sisa produksi harus di pasarkan ke luar daerah. Jika nelayan melelang dengan harga tinggi, maka pabrik atau pedagang luar tidak akan membeli,” ingatnya.

Sementara Ketua UPTS Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Oni Kandi menjelaskan, di Dermaga PPS Kutaradja Lampulo, hanya ada lelang ikan partai besar, sedangkan eceran tidak ada. Harga jual ikan yang terdapat di PPS Kutaradja Lampulo adahal harga lelang, untuk penjualan partai besar.

Oni mengatakan, hasil tangkapan ikan nelayan melonjak dari 70 ton menjadi 90-100 ton/hari. Kenaikan hasil tangkapan ikan nelayan itu, karena kondisi laut sudah mulai tenang. Saat ini, sebutnya, harga lelang ikan di PPS Kutaradja Lampulo masih relatif standar, antara Rp 13.000-Rp 36.000/kg.(her)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved