Breaking News:

Berita Pidie

Kementerian Agama RI Bantu Masjid Baitul Ma'wa di Pante Lhok Kaju, Pidie

Saat kedatangan ke Masjid Baitul Ma'wa rombongan ini juga disuguhkan kanji khas dari masjid setempat yang dibagikan kepada jamaah setiap Jumat

Penulis: Nur Nihayati | Editor: Nur Nihayati
Dok Abidon
Foto bersama usai penyerahan bantuan di Masjid Baitul Ma'wa, Gampong Pante Lhok Kaju, Kecamatan Indra Jaya, Pidie, Jumat (24/9/2021). 

Saat kedatangan ke Masjid Baitul Ma'wa rombongan ini juga disuguhkan kanji khas dari masjid setempat yang dibagikan kepada jamaah setiap Jumat

Laporan Nur Nihayati | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Kementrian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Binmas Islam) memberikan bantuan operasional kepada Masjid Baitul Ma'wa Gampong Pante Lhok Kaju, Kemukiman Lhok Kaju, Kecamatan Indra Jaya, Pidie, Jumat (24/9/2021).

Penyerahan bantuan berlangsung di masjid setempat diserahkan Kabubdit Ditjen Binmas Drs H Abdul Syukur.

Dia juga didampingi Kepala Seksi Adovokasi dan Konflik Paham Keagamaan Ditjen Binmas Tuti Soebaryati, Kasi Kemesjidan Hisab Rukyat Kanwil Kementrian Agama Aceh Firdaus SHI MA dan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Pidie, H Abdullah AR MAg

Bantuan tersebut diterima Tgk Zulkifli (Abidon) di lokasi masjid tersebut. Jumlah bantuan sebesar Rp 50 juta.

Saat kedatangan ke Masjid Baitul Ma'wa rombongan ini juga disuguhkan kanji khas dari masjid setempat yang dibagikan kepada jamaah setiap setelah sholat jumat.

Rombongan Ditjen Binmas Islam disuguhkan kanji di Masjid Baitul Ma'wa Gampong Pante Lhok Kaju, Pidie, Jumat (24/9/2021).
Rombongan Ditjen Binmas Islam disuguhkan kanji di Masjid Baitul Ma'wa Gampong Pante Lhok Kaju, Pidie, Jumat (24/9/2021). (Dok Abidon)

Baca juga: Mulai Cerah hingga Hujan, Berikut Prediksi Cuaca Sebagian Aceh Hingga Tiga Hari Kedepan

Baca juga: Ingat! Besok Jadwal Rapid Antigen Peserta Ujian CPNS di Aceh Singkil 

Baca juga: Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Aceh Singkil Baru 27,7 Persen, Ini yang Dilakukan Dinas Kesehatan

Kabubdit Ditjen Binmas Drs H Abdul Syukur usai penyerahan bantuan mengatakan, Masjid Baitul Ma'wa merupakan satu dari seribuan proposal yang masuk ke Kementrian Agama untuk permohonan bantuan masjid.

Dikatakan, untuk Aceh ada empat lokasi menjadi sasaran bantuan disalurkan selain di Masjid Baitul Ma'wa juga ada tiga lokasi lainnya yakni Aceh Besar dan Aceh Selatan.

Disebutkan, di Kementrian Agama ada bantuan masjid dan mushalla di seluruh Indonesia besarannya Rp 35 juta untuk mushalla dan masjid Rp 50 juta.

Persyaratannya ada banyak di antaranya adalah masjid atau mushala terdaftar pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kemenag Memiliki rekening bank atas nama masjid atau mushala.

Permohonan bantuan yang ditujukan kepada Menteri Agama melalui Dirjen Bimas Islam/Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Rekomendasi pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama setempat Fotokopi Keputusan Susunan Kepengurusan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Kemudian status tanah adalah tanah wakaf, lalu fotokopi buku rekening bank atas nama masjid atau mushala yang masih aktif.

Kemudian Surat pernyataan kebenaran dokumen yang ditandatangani oleh ketua pengurus bermeterai cukup.

Sementara, Kakankemenag Pidie, H Abdullah AR mengaku untuk Pidie ada sekira puluhan permohonan masjid disampaikan, setelah diverifikasi cuma satu yang diterima dan mendapatkan bantuan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved