Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Warga Aceh Tamiang Tutup Sumur Tambang Minyak Tradisional Pakai Semen

Anggota DPRA dari Fraksi PAN, Asrizal H Asnawi melakukan kunjungan lapangan di Dusun Karya Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Kamis

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota DPRA dari Fraksi PAN, Asrizal H Asnawi bersama Tukino melihat sumur tambang minyak tradisional yang sudah ditutup dengan semen di Dusun Karya Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Kamis (23/9/2021) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Anggota DPRA dari Fraksi PAN, Asrizal H Asnawi melakukan kunjungan lapangan di Dusun Karya Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Kamis (23/9/2021).

Dalam kunjungan itu, Asrizal bersama warga setempat melihat sumur tambang minyak tradisional yang berada di lahan milik Tukino (63).

Asrizal kepada Serambinews.com menjelaskan pada awalnya Tukino melakukan pengeboran untuk mencari titik air. 

Akan tetapi yang didapatkan adalah semburan minyak mentah di lahan kebun miliknya.

"Terdapat lima titik sumur penyulingan minyak tradisional di area lahan Tukino ini," kata Asrizal. 

Baca juga: BM-PAN Aceh Besar Gelar Musda, Ini Tiga Kandidat Ketua Bersaing

Kemudian, perangkat desa bersama pihak PT Pertamina meminta Tukino menutup sumur minyak ilegal tersebut untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Tukino, jelas Asrizal, dengan sukarela berkenan menutup sumur minyak yang sempat ia suling, meski hanya 200.0000/minggu.

"Pertamina menyerahkan bahan material dan Tukino mengerjakan penutupan sumur tersebut secara permanen," ungkap Asrizal yang juga Ketua DPD PAN Aceh Tamiang ini.

Baca juga: Usai Musda, Iqbal Farabi Kosongkan Ruang Sekretaris Partai Demokrat Aceh

Penambang minyak tradisional seperti Tukino berharap Qanun Aceh tentang pengelolaan tambang minyak rakyat bisa segera selesai digodok Pemerintah Aceh dan DPRA.

"Sehingga warga memiliki kepastian atas izin dan tata cara pengelolaan tambang tradisional milik rakyat ini," ujar Asrizal.

Anggota dewan yang sering mengadvokasi kepentingan rakyat kecil ini juga mengapresiasi sikap Tukino yang lebih mementingkan kepantingan umum dari pada diri sendiri.(*)

Baca juga: Usai Divaksin, Siswi Lhokseumawe Diboyong ke Rumah Sakit, Ayah Korban : Badan Kaku dan Sesak Nafas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved