Breaking News:

Kesehatan

Resep Herbal Obat Asma ala dr Zaidul Akbar, Cukup dengan Habbatussauda dan 3 Rempah Ini

Asma dapat menyebabkan gejala berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Pixabay
Ilustrasi rempah untuk obat asma. 

SERAMBINEWS.COM - Asma merupakan suatu kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas.

Asma dapat menyebabkan gejala berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyebab pasti dari penyakit asma belum diketahui.

Para peneliti berpikir beberapa interaksi faktor genetik dan lingkungan bisa menyebabkan asma, paling sering terjadi pada awal kehidupan.

Inhaler untuk mengobati asma
Inhaler untuk mengobati asma (Freepik.com)

Faktor-faktor ini meliputi kecenderungan untuk mengembangkan alergi, yang disebut atopi, orangtua yang memiliki asma, infeksi saluran pernapasan tertentu selama masa kanak-kanak (ISPA).

Selain itu, kontak dengan beberapa alergen udara atau paparan ke beberapa infeksi virus pada masa bayi atau pada anak-anak usia dini ketika sistem kekebalan tubuh berkembang.

Baca juga: Hukum Pakai Inhaler untuk Obati Asma Ketika Puasa, Simak Ulasan Buya Yahya

Baca juga: Tips Menangani Penyakit Sesak Napas, Sulit Bernafas, Lakukan Cara Alami Bisa Diatasi di Rumah

Gejala asma dapat berupa batuk berdahak, sesak napas, napas berbunyi (Mengi), riwayat alergi, ada riwayat asma dalam keluarga.

Gejala tersebut mempunyai ciri khas seperti berulang atau hilang timbul, memburuk pada malam hari hingga dapat reda spontan dengan atau tanpa pengobatan.

Asma bisa juga disebabkan oleh faktor yang dapat memicu timbulnya asma. Namun, tiap orang mempunyai faktor pencetus yang tidak selalu sama atau berbeda.

Faktor pencetus tersebut bisa disebabkan oleh bulu binatang, asap rokok, asap rumah tangga, debu pada bantal dan kasur, bau-bauan yang menusuk, obat semprot pembunuh serangga, tepung sari, bunga/tumbuhan, perubahan cuaca, kondisi fisik hingga makanan/minuman, hingga obat-obat tertentu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved