Breaking News:

Tips

Jangan Asal Pakai, Ini Tips Mengganti Oli untuk Mobil Xpander

Rifat mengingatkan, waktu penggantian oli adalah hal yang harus dikondisikan. Jadi walaupun kendaraan tidak dipakai, waktu penggantian oli harus dises

Editor: Ansari Hasyim
GridOto
Oli motor berfungsi untuk menjaga pelumasan pada komponen mesin agar tidak cepat aus serta menjaga suhu mesin agar tetap bekerja optimal. 

SERAMBINEWS.COM - Oli mesin adalah bagian penting, bisa diibaratkan sebagai darah dari kendaraan.

“Tips paling ampuh menjaga kondisi kendaraan stabil adalah dengan melihat jarak tempuh atau waktu penggantian oli,” ucap Rifat Sungkar dalam acara MMKSI Virtual Interview, Rabu (29/9/2021).

Rifat mengingatkan, waktu penggantian oli adalah hal yang harus dikondisikan. Jadi walaupun kendaraan tidak dipakai, waktu penggantian oli harus disesuaikan dengan saran dari buku manual, jadi harus tepat waktu atau tepat kilometer.

“Kedua adalah jenis, banyak orang yang tertarik dengan tawaran oli dengan harga yang murah. Padahal kinerja optimal mesin itu selalu sangat baik ketika sesuai dengan arahan buku manual,” kata Rifat.

Misalnya untuk Mitsubishi Xpander, spesifikasi oli mesin yang bisa digunakan adalah 0-20, itu sudah rekomendasi dari pabrikan.

Baca juga: Tukang Pangkas Buka Praktik Suntik Putih Abal-abal, Sebelum Ditangkap, Banyak Remaja Putri Disuntik

Jadi pakai selalu oli yang sudah direkomendasikan, tidak usah coba-coba spesifikasi yang lain.

Terakhir, jika sedang di rumah, bisa lakukan pengecekan kapasitas oli di mesin. Caranya, cari dipstick yang biasanya letaknya dekat dengan timing belt.

Baca juga: Setelah Agung Mozin dan HM Tauhid, Giliran Neno Warisman Mundur dari Partai Ummat, Ini Alasannya

Tarik dipstick ketika mesin dalam kondisi dingin, lalu lap bagian ujungnya dengan tissue. Setelah bersih, colok kembali dipstick dan tarik, di situ terlihat berapa kapasitas oli yang ada di ruang mesin, bisa kurang, pas, atau lebih.

Kemudian kalau dilihat ada oli menetes di kolong mobil, jangan asal menambahkan oli.

“Oli menetes adalah satu indikator penting bahwa kebocoran dimulai. Biasanya jika starter mesin dengan temperatur tinggi, titik rembesan tadi bisa membesar. Jadi jika melihat ada tetesan oli mesin, langsung bawa ke diler, karena pasti ada satu seal yang rusak,” ucapnya.(*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Punya Xpander, Perhatikan Ini Saat Ganti Oli Mesin

Berita terkait lainnya

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved