Breaking News:

Pesta Meriah di Ujung Timur Indonesia. Presiden Jokowi Main Bola dan Tabuh Tifa Buka PON Papua

Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021)

Editor: bakri
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Suasana pertunjukan pesta kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Sabtu (2/10/2021) malam (atas). 

JAYAPURA - Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021) tadi malam. Acara opening ceremony ini benar-benar memberikan kejutan. Bahkan, penonton yang menyaksikan dari layar kaca televisi pun begitu terpesona melihat kemeriahan upacara pembukaan pentas multievent olahraga nasional empat tahunan di provinsi ujung timur Indonesia tersebut.

Rasa kagum pun dari setiap orang yang menyaksikan parade tersebut yang berlangsung di Bumi Cenderawasih. "Bahkan saya saja merinding," kata Kontributor Kompas.com, Dhias Suwandi, sambil membuat laporan jalannya acara pembukaan PON XX Papua 2021, kemarin.

Edo Kondologit, Michael Jakamirelena, dan Nowela, mengawali rangkaian opening ceremony. Ketiga penyanyi asal Papua itu membawakan lagu "Aku Papua" dengan diiringi para penari kolosal yang menggunakan pakaian adat Papua. Usai penampilan ketiga penyanyi, acara dilanjutkan dengan parade atlet yang dibuka oleh Kontingen Aceh.

Sajian pertunjukan hiburan yang berlangsung selama dua jam menampilkan kebudayaan Papua dari lima wilayah adat yaitu Mamta, Saireri, Meoago, Lapago, dan Animha. Boaz Solossa, pemain sepak bola asal Papua, mendapat hak istimewa sebagai pembawa obor dan menyalakan api PON XX 2021.

PON yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 tersebut dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Momen menarik terjadi dalam upacara tersebut. Presiden Jokowi turun dari tribune kehormatan untuk bermain sepak bola bersama anak-anak Papua. “Bapak Presiden, mari sini dukung kita,” demikian suara yang menggema di Stadion Lukas Enembe. Ketika suara ajakan itu terdengar, pesepak bola Papua yang pernah membela Persipura Jayapura dan timnas Indonesia, Jack Komboy, sedang memainkan si kulit bundar bersama tiga orang anak.

Presiden Joko Widodo segera turun dari tribune VVIP menuju lapangan. Ia bergabung dengan Jack Komboy untuk bermain bola bersama anak-anak. Tetap mengenakan masker, Presiden Jokowi bertukar operan dengan Jack Komboy dan ketiga bocah Papua. Setelah bermain sepak bola, Presiden Jokowi menyambut penampil berbaju adat Papua yang menghampirinya. Penampil tersebut membawa tifa dan menyerahkannya kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi lantas menabuh tifa. Bunyi tifa itu menjadi penanda dibukanya PON XX Papua 2021. “Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Presiden Jokowi.

Api PON XX kemudian dinyalakan oleh pesepak bola top asli Papua yang kini membela Borneo FC, Boaz Solossa. Kehadiran Boaz diiringi oleh letusan kembang api warna-warni. “Yakinlah, kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” kata Presiden Jokowi dalam pidato pembukaan seperti dilansir dari Antara.

Aksi Jokowi tersebut membuat para penonton yang hadir berdiri dan bertepuk tangan. Herry Usulu, warga Jayapura yang menyaksikan acara pembukaan PON XX mengaku sangat terkejut dengan apa yang dia lihat. "Awalnya kita masih ragu dengan upacara ini, tapi ternyata spektakuler. Kesederhanaan budaya Papua ditampilkan dengan sangat baik. Apalagi saat Presiden turun main bola, itu sangat mengejutkan dan mengharukan," ujar Herry.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved