Breaking News:

Pengelola Pustaka Darul Ulum dilatih Otomasi

Sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan di lingkungan Dayah Modern Darul 'Ulum

Editor: hasyim
Foto ALC
Kegiatan pengembangan sistem otomasi perpustakaan di SMA Negeri Modal Bangsa Arun, Lhokseumawe. 

BANDA ACEH - Sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan di lingkungan Dayah Modern Darul 'Ulum YPUI Banda Aceh dilatih dan dibekali pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System). Pelatihan itu berlangsung, Sabtu (2/10/2021), bertempat di Perpustakaan MA Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan MAS Darul ‘Ulum Banda Aceh bekerjasama dengan Mahasiswa PKL Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan MADU Club Literasi. Pelatihan itu menghadirkan narasumber dan instruktur dari Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing, Arkin SIP dan Muhammad Zulkifli SIP.

Kepala MA Darul Ulum, Mariani SAg MA mengatakan, seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era sekarang ini, Perpustakaan sebagai penyedia informasi harus dapat memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan bagi pengguna perpustakaan secara cepat, tepat dan akurat.

“Perkembangan teknologi informasi itu sendiri juga harus mampu di implementasikan di Perpustakaan agar pelayanan di perpustakaan mampu disesuaikan dengan perkembangan zaman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan MAS Darul Ulum Banda Aceh, Dr Juanda SE MM menjelaskan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk membekali para pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan dan meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Pelatihan ini di ikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan dari pengelola perpustakaan SMP, MTs, MA di lingkungan Dayah Dayah Modern Darul 'Ulum YPUI Banda Aceh dan pegiat literasi yang tergabung dalam Madu Club Literasi,” katanya.

Selain itu, ia berharap melalui kegiatan ini para peserta dapat meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan serta terlaksananya otomasi perpustakaan di sekolah dengan maksimal. “Perpustakaan yang ada di lingkungan Dayah Modern Darul 'Ulum YPUI Banda Aceh baik perpustakaan SMP, MTs dan MA harus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Transformasi perpustakaan manual menjadi perpustakaan terotomasi dan pustaka digital, tersedianya ebooks adalah tuntutan saat ini,” pungkasnya.(mun)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved