Breaking News:

Aceh vs Papua, Fakhri Khawatirkan Kebugaran Pemain

Punggawa sepak bola Aceh akan melakoni tarung melawan tuan rumah Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Rabu (6/10/2021) sore ini

Editor: bakri
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Pertandingan Kaltim vs Aceh di PON Papua. 

Punggawa sepak bola Aceh akan melakoni tarung melawan tuan rumah Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Rabu (6/10/2021) sore ini. Di putaran enam besar cabang sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) grup D, Akhirul Wahdan dkk bergabung dengan tuan rumah Papua dan peraih medali perunggu Porwil 2019, Sumatera Utara (Sumut).

Seperti diketahui, di penyisihan, Khairil Anwar dkk keluar sebagai juara grup C usai mengumpulkan nilai tiga. Namun, anak-anak Aceh unggul produktivitas gol dibanding Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Setelah menelan kekalahan 1-2 dari Sulut di pertarungan awal, Yasvani cs bangkit untuk mengatasi perlawanan Kaltim dengan skor 3-2 pada pertandingan kedua. Sehingga, Kaltim harus puas sebagai runner-up.

Sementara tuan rumah Papua lolos ke putaran kedua dengan hasil mengesankan. Tim besutan Eduard Ivakdalam ini berhasil mengumpulkan poin sempurna, sembilan. Mereka tak terkalahkan selama menjalani pertandingan di babak penyisihan grup A.

Ricky Ricardo dkk tanpa ampun menghajar juara bertahan PON, Jawa Barat (Jabar), dengan skor telak 5-1. Kemudian, membungkam perlawanan Maluku Utara (Malut), 3-1, dan terakhir memukul ambisi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan skor 4-0.

Laga nanti sore di markas klub Liga 1 Persipura Jayapura tentu saja mengulang kembali duel pada PON 2008 di Kalimantan Timur. Kala itu, Papua sukses mengatasi Aceh di partai terakhir. Saat itu, Aceh hanya berada di posisi ketiga setelah menang dari Banten dan kalah dari DKI Jakarta.

Lalu, bagaimana peluang pasukan Fakhri Husaini untuk laga sore ini? Kecuali melawan tuna rumah, mereka tentu juga mendapat dukungan penuh dari supporter. Bukan rahasia lagi, kalau Papua mematok target tinggi yaitu merebut medali emas dari cabang bergengsi sepak bola.

Pelatih Tim Sepak Bola PON Aceh, Fakhri Husaini, kepada Serambi, tadi malam, secara terbuka mengaku, dirinya kini mengkhawatirkan kondisi pemain terutama soal kebugaran. Hal ini akibat mereka baru saja bermain melawan Kaltim.

“Yang saya khawatirkan kebugaran anak-anak menjadi kendala. Memang, hari ini (kemarin-red) kita memberi libur kepada pemain. Mudah-mudahan, setelah berenang, kondisi mereka cepat pulih kembali,” kata pelatih kelahiran Lhokseumawe, itu.

Fakhri mengungkapkan, meski pemainnya tidak ada yang mengalami cedera, namun dia sudah merencanakan untuk melakukan rotasi. “Untuk meredam kecepatan pilar tuan rumah, saya butuh pemain yang bugar. Makanya saya akan rotasi pemain,” sebut mantan pemain Timnas Indonesia, ini.

Di sisi lain, Fakhri menilai kekuatan tuan rumah terhitung solid. Buktinya, mereka mampu mencetak gol ke gawang juara bertahan PON 2016, Jawa Barat, Maluku Utara, dan NTT. Sementara gawang mereka hanya kebobolan dua kali ketika melawan Jabar dan Malut.

Pun begitu, ia berjanji akan mempersiapkan tim terbaik untuk pertandingan babak enam besar sore nanti. “Soal siapa yang akan kita turunkan melawan Papua, nanti kita lihat perkembangan hingga besok pagi (pagi ini-red),” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Fakhri meminta doa dan restu dari masyarakat Aceh agar Muhammad Rizky Yusuf dkk bisa tampil rancak. Sehingga, mereka mampu memberikan hasil maksimal demi menjaga peluang meraih tiket semifinal. (ran)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved