Breaking News:

Haba Kampus

USK Laksanakan Pengabdian di Aceh Besar

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK) melakukan Pengabdian....

Editor: bakri
FOTO HUMAS USK
Wakil Rektor I USK, Prof Marwan, menyerahkan bingkisan berupa alat kesehatan untuk mahasiswa yang melakukan pengabdian di Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (7/10/2021). 

BANDA ACEH - Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Peserta pengabdian tersebut dilepas Wakil Rektor I USK, Prof Dr Ir Marwan, di kantor camat setempat, Kamis (7/10/2021).

Dekan FKH USK, drh Teuku Reza Ferasyi MSc PhD, yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan, pengabdian yang merupakan agenda semesteran fakultas itu merupakan wujud dari implementasi tri dharma perguruan tinggi. "Pengabdian ini juga bentuk tindak lanjut dari kerjasama FKH USK dengan Dinas Pertanian Aceh Besar dan Dinas Peternakan Aceh. Ini bentuk kontribusi FKH di bidang kesehatan hewan dan peternakan," jelas Teuku Reza.

Pengabdian itu direncanakan akan berlangsung selama Oktober 2021 dengan konsep hibrid, luring, dan daring. Kegiatan ini, sambung Reza, berbarengan dengan HUT Ke-61 FKH dalam minggu depan. Melalui pengabdian ini, ia berharap dosen dapat memperkenalkan hasil riset, mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat, serta mendukung peningkatan wirausaha seperti spirit Kampus Merdeka Belajar.

Wakil Rektor I USK, Prof Marwan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kuta Cot Glie yang sudah menerima pihak USK, selama satu bulan ke depan untuk melakukan pengabdian. Ia mengingatkan mahasiswa dan semua elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Insya Allah, pengabdian ini akan kita lakukan secara bertahap. Kami berharap, yang turun ke lapangan sudah vaksin dua kali. Karena ini juga ketentuan kami di kampus dalam rangka menjaga lingkungan dan masyarakat," kata Prof Marwan seperti disampaikan Koordinator Humas USK, Ferizal Hasan SE, kepada Serambi, kemarin.

Kepada Pemkab Aceh Besar, Prof Marwan memberikan apresiasi. Karena selama ini banyak kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak. Ia akan mengusulkan kepada Rektor USK agar Kuta Cot Glie masuk dalam desa binaan USK, khususnya di bidang peternakan. “Jika disetujui Pak Rektor, Insya Allah bisa menjadi sentra produksi ternak bagi Aceh," tuturnya.

Sementara itu, Camat Kuta Cot Glie, Imam Munandar, yang juga alumni Fakultas Pertanian USK menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat di wilayahnya. Menurut Camat, kedatangan akademisi dan mahasiswa USK sangatlah penting. "Saya berterima kasih atas kedatangan tim USK. Semoga keberadaan dosen dan mahasiswa bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.(jal)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved