Breaking News:

Video

VIDEO - Tiga Pesan Penting dari Kanada, Latih Bahasa Inggris Lestarikan Bahasa Aceh

Putra Aceh di Kanada, Fazzil Amri menyampaikan tiga pesan penting kepada generasi muda Aceh dan para pengambil kebijakan di Aceh.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM – Putra Aceh di Kanada, Fazzil Amri menyampaikan tiga pesan penting kepada generasi muda Aceh dan para pengambil kebijakan di Aceh.

Ketiga pesan penting ini terkait dengan kemampuan berbahasa Inggris serta kesadaran untuk memelihara bahasa lokal.

Pesan ini disampaikan Fazzil Amri pada bagian akhir dialog 1 Jam Bersama Diaspora yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, Rabu (6/10/2021).

Dialog yang mengangkat tema "Cerita Amri dan Mr Asam Sunti di Kanada" ini disiarkan langsung di laman Facebook Serambinews.com dan Youtube Serambi On TV.

Pesan pertama dari Amri, generasi muda Aceh jangan pernah takut untuk merantau, termasuk ke negara yang jauh dari Aceh.

Sebelum merantau, bekali diri dengan bahasa Inggris, karena kemampuan berhasa Inggris ini sangat mendukung kesuksesan dalam berkarir di luar negeri.

Selain itu, seseroang yang ingin merantau ke luar negeri juga perlu membekali diri dengan keahlian atau skill di bidang tertentu, seperti pengelasan, elektrik, tukang kayu, tukang cat, dan lainnya.

Terkait dengan kemampuan bahasa Inggris ini, Amri menitipkan pesan kedua kepada kepala dinas tenaga kerja di Aceh, agar membuat sebuah program kursus bahasa Inggris untuk para pencari kerja di Aceh.

Pesan ketiga, kata Amri, Pemerintah Aceh dan anggota dewan yang terhormat perlu menetapkan satu hari dalam sepekan yang khusus menggunakan bahasa Aceh dalam semua kegiatan dan pelayanan publik.
Menurutnya, ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dan melestarikan bahasa Aceh.

Pengalamannya di Kanada, kata Amri, saat ini pemerintah Kanada berusaha keras untuk melestarikan bahasa asli Kanada yang kini nyaris punah.

Syedara Lon, simak pernyataan lengkap Fazzil Amri terkait tiga pesan penting ini dalam video di bagian atas artikel ini.

Simak juga wawancara lengkap Fazzil Amri, dalam program 1 Jam Bersama Diaspora di kanal Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Baca juga: VIDEO Populer Bahasa Aceh Ibu Antar Anak Ujian CPNS, Nelayan Abdya Mengamuk dan Jenazah di Malaysia

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH Mercy Batman, Abu Keune Laporkan Judi Sampai Presiden Jokowi ke Aceh

Baca juga: VIDEO POPULER Lam Bahasa Aceh - Kerangka Manusia di Bireuen, Keureupuk Mulieng dan Abu Mudi Divaksin

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved