Breaking News:

Berita Kutaraja

BPKP Evaluasi Penyerapan Anggaran & PBJ Daerah Triwulan III Tahun 2021, Begini Hasilnya

BPKP Perwakilan Aceh melaksanakan evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa daerah triwulan III tahun 2021 di Aula Kantor BPKP Aceh.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
BPKP Perwakilan Aceh melaksanakan evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa daerah triwulan III tahun 2021 di Aula Kantor BPKP Perwakilan Aceh, Jumat (8/10/2021). 

Laporan Asnawi Luwi | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – BPKP Perwakilan Aceh melaksanakan evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa daerah triwulan III tahun 2021 di Aula Kantor BPKP Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari kerja mulai Senin, 27 September 2021 sampai dengan Rabu, 29 September 2021. Finalnya dengan penerbitan laporan sampai, Jumat (8/10/2021).

Acara ini digagas dalam rangka menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor S-059/2002/IJ tanggal 21 September 2021.

Inmendagri itu memerintah Inspektorat Daerah melaksanakan evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa daerah triwulan III tahun 2021 serentak seluruh Indonesia secara kolaboratif dengan BPKP Aceh.

Tugas ini juga merupakan pengawasan tugas Inspektorat Daerah sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2020 tentang Perencanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2021.

Di hadapan peserta evaluasi yang terdiri dari wakil Inspektorat kabupaten/kota se-wilayah Aceh dan Badan Pengelola Keuangan kabupaten/kota se-wilayah Aceh, acara dibuka oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Moh Ahlal Firdaus.

Baca juga: BPKP Dampingi Pelaksanaan Program Bantuan Modal dan Peralatan Kerja Tahun 2021 di Aceh

Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Moh Ahlal Firdaus dalam rilisnya kepada Serambinews.com, Sabtu (9/10/2021), mengatakan, kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana harapan semua pihak terkait. 

Pelaksanaan evaluasi diawali dengan kolaborasi antara APIP dan BPKAD dalam menginput data terkait penyerapan anggaran pengadaan barang dan jasa daerah pada triwulan III tahun 2021.

Selanjutnya, Perwakilan BPKP Aceh melakukan monitoring atas pengisian evaluasi penyerapan anggaran pengadaan barang dan jasa.

Sebagai bentuk pengawasan BPKP Aceh atas pelaksanaan kegiatan di daerah, evaluasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa proses pengisian data penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah telah dilaksanakan dengan akurat.

Hasil evaluasi ini disampaikan kepada masing-masing Kepala Daerah melalui Kementerian Dalam Negeri sebagai upaya memberikan masukan kepada Kepala Daerah atas realisasi penyerapan APBA/APBK Tahun 2021.

Kegiatan tersebut salah satu upaya memonitoring dan menganalisis serapan anggaran dan PBJ di Aceh untuk bahan bagi pimpinan daerah dan pusat dalam membuat strategi triwulan 4 agar progresnya lebih baik. 

Baca juga: Eks Lahan PT Cemerlang Abadi Segera Dibagikan, Bupati Abdya Gelar Pertemuan dengan BPKP dan BPN

Kegiatan tersebut merupakan kalaborasi antara BPKP dengan Inspektorat se-wilayah Aceh menggunakan aplikasi yang dibangun oleh BPKP Perwakilan Aceh.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved