Breaking News:

Video

VIDEO Google Maps tidak Bisa Jadi Dasar Penetapan Batas Suatu Daerah

Jadi intinya sebut Reza, informasi disajikan Google Maps yang menjadi database hanya sebatas indikatif dan tidak bisa dijadikan batas definitif.

Editor: Habibi

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Sebagian wilayah Desa Lae Balno, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, berdasarkan Google Maps, masuk Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut).

Terkait hal itu, Kepala Kantor Pertanahan Aceh Singkil, Muhammad Reza ST MSi berpendapat Google Maps tidak bisa menjadi dasar hukum dalam penetapan batas administrasi suatu daerah.

Sebab hanya berdasarkan Geotagging (posisi karena di-tag) dan Geocoding (pengkodean dan penamaan suatu lokasi, tempat atau daerah) yang dibuat oleh pihak tertentu.

Jadi intinya sebut Reza, informasi disajikan Google Maps yang menjadi database hanya sebatas indikatif dan tidak bisa dijadikan batas definitif.

Kendati tidak bisa dijadikan dasar hukum penetapan batas.

Sementara itu, Sekda Aceh Singkil Drs Azmi MAP, menyikapi persoalan batas Aceh dengan Sumut di daerahnya menyatakan, pihaknya segera menyurati Gubernur Aceh, agar meminta Mendagri mempertegas batas wilayah Aceh dan Sumut sesuai yang sudah ditetapkan dalam pembentukan Kabupaten Aceh Singkil.

Ia juga berharap, Pemerintah Pusat segera menyurati pihak Google agar mengikuti peta dan titik kordinat sesuai dasar hukum yang ada.

Lantaran sebut Sekda, secara kewenangan batas wilayah provinsi ada pada Gubernur dan penyelesain sengketa batas ada pada Mendagri.

Akan tetapi, karena pihak Google membuat garis terputus-putus mengakibatkan kesalahan dalam pemahaman masyarakat..

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Ir H Azhar Abdurrahman mengajukan protes keras kepada Google Indonesia, terkait persoalan tapal batas Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan Google Maps, Kampung Lae Balno Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil yang sedianya masuk wilayah Provinsi Aceh malah berada di wilayah Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut).

Surat yang ditujukan ke Country Director Google Indonesia akan diantar sendiri oleh Azhar ke Kantor Google Indonesia di Pacific Century Place Tower Level 45 SCBD Lot 10 Jalan Jenderal Sudirman Nomor 53 RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: VIDEO Kejari Aceh Besar Tetapkan 3 Tersangka Pembangunan Jetty Kuala Krueng Lhoong

Baca juga: Arab Saudi Resmi Buka Umrah untuk Jemaah Indonesia, Ini Penjelasan Menteri Luar Negeri

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved