Breaking News:

Berita Lhokseumawe

FK Unimal Gelar Pelatihan dan Pendampingan Akreditasi Jurnal Se-Aceh

"Salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal adalah proses penyuntingan artikel. Pada era teknologi saat ini, proses penyuntingan artikel...

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK Unimal) mengadakan pelatihan dan pendampingan akreditasi jurnal untuk seluruh pengelola Jurnal di Aceh, Selasa (12/10/2021). 

"Salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal adalah proses penyuntingan artikel. Pada era teknologi saat ini, proses penyuntingan artikel dilakukan secara online sehingga jejak penyuntingan terekam secara lengkap. Selain itu, proses penyuntingan artikel, serta proses pengajuan akreditasi berkala ilmiah oleh Dikti telah dilakukan secara online," paparnya.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE -  Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK Unimal) mengadakan pelatihan dan pendampingan akreditasi jurnal untuk seluruh pengelola Jurnal di Aceh, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di lantai dua Osce FK Unimal tersebut berlangsung secara luring dan daring. 

Narasumber adalah tutor Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Eko Sumartono SP MSc.

Pesertanya berjumlah sekitar 30 orang, merupakan pengelola jurnal-jurnal di Universitas Malikussaleh, Universitas Syiah Kuala, IAIN Lhokseumawe dan Politeknik Lhokseumawe. 

Wakil Dekan II FK Unimal,   dr Yuziani MSi, menjelaskan,  jurnal ilmiah adalah ruh dari eksistensi sebuah perguruan tinggi. 

Indikasi kemajuan sebuah perguruan tinggi  salah satunya diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah.  

Baca juga: Unimal dan RSUD Datu Beru Perkuat Kerja Sama

Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui junal bereputasi, baik nasional maupun internasional. 

Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved