Breaking News:

Jatim Vs Aceh, Memori 1993

Kesebelasan Aceh harus adu kuat ketika bertemu Jawa Timur dalam pertandingan sepakbola PON XX, di Stadion Barnabas Youwe Sentani

Editor: bakri
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Pertandingan Kaltim vs Aceh di PON Papua. 

* Semifinal Sepakbola PON XX Papua

JAYAPURA - Kesebelasan Aceh harus adu kuat ketika bertemu Jawa Timur dalam pertandingan sepakbola PON XX, di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (11/10/2021) hari ini.

Jawa Timur lolos ke babak empat besar dengan status juara Grup E, setelah mengalahkan Kalimantan Timur 5-1, dan Jawa Barat 2-0. Sedang Aceh sebagai runner-up Grup D usai mengantongi nilai tiga selepas menekuk Sumatera Utara 2-1.

Laga Aceh versus Jatim setidaknya mengulang kembali pertemuan 28 tahun lalu. Kala itu, kedua provinsi terlibat pertarungan sengit perebutan tiket ke final di PON 1993. Tarung Jatim dengan Aceh ketika itu dipentaskan di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Dalam duel 120 menit, Aceh memastikan tiket ke final melalui jasa striker asal Aceh Besar, Muslem alias Ngoh Lem. Setelah mencetak gol di babak pertama, Muslem kembali menjebol gawang Jatim di masa perpanjangan waktu.

Mengejar kemenangan untuk lolos ke partai puncak saat itu, Tanah Rencong memainkan Zulfan di bawah mistar. Di lini bawah dihuni oleh H Tarmizi Rasyid, Helmi, Ramadhana, serta Salman.

Di lapangan tengah, Kurnia Khalid, Andri Fitra, Effendi plus playmaker kawakan, Dahlan Jalil. Sementara tukang gedor menjadi milik Muslem alias Ngoh Lem, dan almarhum Irwasnyah.

“Duel itu sangat ketat. Gol penyeimbang Jatim lahir di menit 88. Namun, kemenangan kami saat itu ditentukan oleh Ngoh Lem di masa perpanjangan waktu,” kenang mantan pemain PON Aceh, Dahlan Jalil kepada Serambi, Senin (11/10/2021).

Menurut Dahlan Jalil, pertandingan melawan Jatim menguras tenaga dan harus mampu meredam emosi. Jatim di masa perpanjangan waktu harus bermain dengan 10 pemain setelah Eri Irianto (alm) diusir wasit, akibat menekel Dahlan Jalil di lapangan tengah.

Selain diperkuat Eri Irianto, Jatim juga  bermaterikan Suwandi HS, dan Hartono. Meski didominasi punggawa Persebaya Surabaya, mereka harus menyerah kalah 1-2. Sementara di partai semifinal lainnya, Papua mengatasi Jawa Barat lewat drama adu penalti.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved