Breaking News:

Prestasi

RSJ Aceh Raih Juara II Lomba Video Rehabilitasi Psikososial

Wakil Direktur Pelayanan RSJ Aceh, drg Sarifah Yessi H MKes menyampaikan di Aceh mempunyai konsep pelayanan kesehatan jiwa yang dimulai dari desa.

Penulis: Mawaddatul Husna | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/ MAWADDATUL HUSNA
Pasien RSJ Aceh didampingi tenaga kesehatan sedang menghias semangka dalam lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, di RSJ setempat, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh berhasil meraih juara II dalam lomba video rehabilitasi psikososial tingkat nasional, yang diumumkan dalam peringatan Hari Kesehatan Jiwa Dunia 2021 berpusat di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/10/2021).

Sementara juara I diraih oleh RSJ Grashia Daerah Istimewa Yogyakarta, dan juara III diperoleh RSJ Mutiara Sukma, Nusa Tenggara Barat.

“Alhamdulillah kita mendapatkan juara II dalam lomba video rehabilitasi psikososial. Video yang kita buat bagaimana pelayanan rehabilitasi psikososial di Aceh. Rehabilitasi ini merupakan salah satu rehabilitasi unggulan kita,” kata Direktur RSJ Aceh, dr Makhrozal MKes kepada Serambinews.com, Selasa (12/10/2021).

Wakil Direktur Pelayanan RSJ Aceh, drg Sarifah Yessi H MKes menyampaikan di Aceh mempunyai konsep pelayanan kesehatan jiwa yang dimulai dari desa.

Baca juga: Zaim Saidi Pendiri Pasar Muamalah Depok Divonis Bebas, Kuasa Hukum: Ini Penguatan Ekonomi Syariah

“Jadi pasien yang dikirim oleh teman-teman yang dirujuk ke RSJ, mereka sudah melalui proses dari desa, jadi di Aceh itu memiliki gampong siaga sehat jiwa. Di sana sudah ada kader kesehatan jiwa yang dilatih,” sebutnya.

Ia menjelaskan apabila ada pasien yang sudah mengamuk, maka ada tim kader, pihak puskesmas dan tuha peuet desa yang dapat merujuk pasien ke RSJ Aceh.

“Itu keistimewaan yang kita miliki yang berbeda dengan daerah lain,” ujarnya.

Baca juga: Pemuda 22 Tahun Tewas Dikeroyok Tiga Pria, Pelaku Tuduh Korban Goda Istri Orang

Selanjutnya, di Aceh ada 13 RSUD yang sudah dapat memberikan pelayanan jiwa dan juga ada dokter yang menangani.

Kemudian pasca pulang dari RSJ Aceh juga tetap dilakukan koordinasi untuk perawatan, pengobatan pasien saat kembali ke gampongnya masing-masing.

“Bukan saja komprehensif di rumah sakit saja, tapi juga sampai ke desa,” sebutnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved