Breaking News:

Berita Bireuen

1.000 Santri Berprestasi Dapat Beasiswa, Diserahkan Bupati Dalam Sidang Paripurna di DPRK Bireuen

Sebanyak 1.000 orang santri dayah berprestasi yang orangtuanya kurang mampu mendapat bantuan beasiswa dari Pemkab Bireuen.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Saifullah
Foto Dok Humas Pemkab Bireuen
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi,didampingi ketua dan wakil ketua DPRK, serta tokoh pendiri Bireuen, Selasa (12/10/2021), menyerahkan beasiswa kepada sejumlah santri dalam kegiatan sidang paripurna HUT Ke-22 Kabupaten Bireuen di Gedung DPRK Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Sebanyak 1.000 orang santri dayah berprestasi yang orangtuanya kurang mampu mendapat bantuan beasiswa dari Pemkab Bireuen.

Bantuan beasiswa sebesar Rp 1 juta/orang tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi dalam agenda Sidang Paripurna HUT Ke-22 Bireuen, Selasa (12/10/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bireuen, Jufliwan, SH, MM mengatakan, pada tahun ini Pemkab Bireuen mengalokasikan anggaran beasiswa untuk para santri dayah dari Samalanga sampai Gandapura.

Santri yang mendapat bantuan, bebernya, adalah yang berprestasi berdasarkan fotokopi rapor dari dayah dan berusia 12-23 tahun, kemudian anak dari keluarga kurang mampu.

“Yang dibantu adalah santri yang berprestasi, bukan dayahnya yang berprestasi,” ujar Jufliwan.
Ia melanjutkan, beasiswa tersebut sudah diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada lima orang perwakilan santri.

“Sedangkan penerima lainnya dikirim melalui rekening masing-masing,” ungkap Kadis Pendidikan Dayah Bireuen.

Baca juga: Ini 20 Santri Aceh Lulus Tahap Pertama Program Beasiswa Santri Berprestasi Tingkat Nasional

Sementara itu, dalam sidang paripurna, Bupati Bireuen selain menyerahkan beasiswa kepada santri, juga secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada 30 siswa SD dan SMP masing-masing Rp 500 ribu/orang.

Sebelum penyerahan beasiswa, sidang paripurna dibuka Ketua DPRK Bireuen, Rusydi Mukhtar, SSos, didampingi dua wakil ketua.

Ketua DPRK Bireuen mengatakan, terbentuknya Kabupaten Bireuen melalui Undang-undang Nomor 48 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Simeulue.

“Hari ini merupakan HUT Ke-22. Lahirnya Kabupaten Bireuen adalah bukti nyata yang dipersembahkan oleh para tokoh Bireuen yang tujuannya adalah untuk peningkatan kesejahteraan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi dalam sambutannya menyampaikan berbagai keberhasilan yang telah diraih selama ini dan juga tantangan yang dihadapi.

Dijelaskan Bupati, terkait pembangunan gedung DPRK dan PUPR yang sempat mangkrak beberapa tahun terakhir, berkat keputusan bersama DPRK, pembangunannya telah dilanjutkan tahun 2021.

Baca juga: HUT Ke-22 Bireuen, Besok, Pemkab Gelar Gowes Berhadiah, Ayo Ikut, Ini Rutenya, Senin, Zikir dan Doa

Kemudian, melalui anggaran otonomi khusus (Otsus), Pemkab Bireuen telah mengalokasikan dana pada tahun 2022 sebesar Rp 10 miliar, untuk memulai pembangunan Stadion Cot Gapu di Paya Kareung.

Terkait pembangunan Stadion Paya Kareung itu, Bupati berharap, dengan dimulai pembangunan dengan dana daerah, nantinya akan dapat diselesaikan dengan dana Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk venue PON 2024.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved