Breaking News:

Papua vs Aceh, Ulangan Final PON 1993

Stadion Mandala Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/10/2021) sore nanti, akan menjadi saksi perjalanan tim sepak bola Aceh di pentas

Editor: bakri
For Serambinews.com
Fakhri Husaini. 

* Perebutan Medali Emas Cabang Sepak Bola

* Disiarkan Langsung TVRI Mulai Pukul 14.30 WIB

JAYAPURA - Stadion Mandala Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/10/2021) sore nanti, akan menjadi saksi perjalanan tim sepak bola Aceh di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Di partai puncak tersebut, Akhirul Wahdan dkk sudah ditunggu oleh tuan rumah Papua. Pertandingan untuk memperebutkan medali emas cabang bergengsi pada pesta olahraga multievent empat tahunan tingkat nasional itu akan disiarkan langsung oleh TVRI mulai pukul 14.30 WIB atau pukul 16.30 WIT.

Sementara perebutan medali perunggu antara Jawa Timur versus Kalimantan Timur, di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, juga akan dipentaskan pada Kamis (14/10/2021) petang ini. Demikian dilaporkan wartawan Serambi, Imran Thaib, dari Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021) sore.

Seperti diketahui, Aceh memastikan tiket final cabang sepak bola PON kali ini setelah di babak semifinal pada Selasa (12/10/2021), membungkam ambisi tim unggulan, Jawa Timur, dengan skor 2-1. Sementara Papua lolos ke partai puncak selepas membantai Kalimantan Timur dengan skor mencolok, 5-1, di empat besar.

Laga yang mempertemukan dua provinsi ujung barat dan ujung timur Indonesia ini tentu saja mengulang pertandingan babak final PON 1993 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Kala itu, Dahlan Jalil dkk menyerah di tangan Papua, 3-6.

Zulfan, H Tarmizi Rasyid, Helmi, Salman, Ramadhana, Effendi, Andri Fitra, Dahlan Jalil, Muslem alias Ngoh, dan Irwansyah (alm) ketika itu harus puas dengan medali perak. Sedangkan Jawa Timur dan Jawa Barat bersama memperoleh perunggu.

Utak-atik peluang, rekor pertemuan Aceh dengan Papua di arena PON masih buruk. Dari tiga tarung sebelumnya, pasukan Tanah Rencong selalu mengalami kekalahan. Terakhir, hasil minor dituai Aceh ketika bertemu dalam babak enam besar PON 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, pada Rabu (7/10/2021) petang. Tim besutan Fakhri Husaini ini kalah tipis 0-1 melalui tendangan spekulasi Balinsa di awal babak kedua.

Sore nanti, Aceh dan Papua kembali berjumpa. Kali ini, adu taktik dari dua legenda sepak bola Tanah Air, Fakhri Husaini dengan Eduard ‘Edu’ Ivakdalam akan tersaji dalam duel tersebut. Kekalahan ketiga dialami anak-anak Aceh saat tampil di PON 2008 Kalimantan Timur. Bergabung bersama Banten, DKI Jakarta, dan Papua, Farizal Dilla dkk juga takluk di tangan Papua dalam pertandingan terakhir penyisihan grup.

Selain unggul dalam rekor pertemuan, Papua juga memiliki keunggulan lain yaitu mereka akan bermain di depan publik sendiri. Kecuali memiliki materi pemain merata, Ricky Ricardo Cawor cs bertekad merebut medali emas cabang sepak bola menyusul kegagalan tuan rumah menjadi juara umum PON 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved