Breaking News:

Berita Bener Meriah

Ratusan Pelajar Bener Meriah Ramai-ramai Berburu & Mencari Ikan di Hutan Samar Kilang, Ini Tujuannya

Reriah Rerio ini bertemakan “Melalui Games Tradisional Gayo Mewujudkan Pariwisata Budaya dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya".

Penulis: Budi Fatria | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Pelajar SMA 2 Pintu Rime Gayo bersiap-siap mengikuti perlombaan Mungaro dalam acara Reriah Rerio di hutan Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (17/10/2021). 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Ratusan pelajar di Kabupaten Bener Meriah mengikuti perlombaan Mungaro dan Begule (berburu dan mencari ikan) di hutan kawasan Samarkilang, Kecamatan Syiah Utama, kabupaten setempat.

Perlombaan Reriah Rerio ini bertemakan “Melalui Games Tradisional Gayo Mewujudkan Pariwisata Budaya dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya”.

Sedangkan peserta berasal dari kalangan pelajar yang tersebar dari 18 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-kabupaten berhawa sejuk itu.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, sejak 15-17 Oktober 2021, yang diselenggarakan oleh Sanggar Gayo Symphony bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ketua Sanggar Gayo Symphony, Edy Ranggayoni dalam rilis yang diterima Serambinews.com, Minggu (17/10/2021), mengatakan, perlombaan Reriah Rerio ini dipandu langsung oleh pawing (pawang) ahli Mungaro dan Begule.

“Jadi tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan, bukan hanya dipimpin tapi juga bisa dipimpin,” ujarnya.

Baca juga: Kegiatan Reriah Rerio Bener Meriah Ditandai dengan Munyeluk Upuh Kerung

Menurutnya, dalam sebuah Mungaro, jika anggotanya tidak patuh terhadap strategi yang disampaikan oleh pawing (pawang), maka hasil buruan dipastikan tidak akan diperoleh.

“Jadi seperti yang sampaikan tadi, dalam memburu atau Mungaro, harus bisa memimpin dan dipimpin untuk memperoleh hasil Mungaro yang maksimal,” sebutnya.

Demikian juga, sebut dia, melalui kegiatan ini, peserta dapat mengembangkan kemampuan kreatifitas, inovasi, dan dapat bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan dilakukan secara budaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved