Breaking News:

Berita Banda Aceh

MPA di Rapat Pleno: Akreditasi Harus Memperkuat Pendidikan Dayah

Ketua TKPPA yang juga Asisten Satu Pemerintah Aceh, Dr M Jafar menyebutkan bahwa rapat pleno TKPPA dilakukan untuk membantu instansi teknis

Editor: Nur Nihayati
Dok panitia
Majelis Pendidikan Aceh (MPA) menggelar Rapat Pleno Kedua TKPPA (Tim Koordinasi Pembangunan Pendidikan Aceh), dengan topik Kebijakan Penyusunan Standar Pendidikan Dayah, di Kriyad Muraya, Senin (18/10/2021) Banda Aceh. 

Ketua TKPPA yang juga Asisten Satu Pemerintah Aceh, Dr M Jafar menyebutkan bahwa rapat pleno TKPPA dilakukan untuk membantu instansi teknis

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Majelis Pendidikan Aceh (MPA) menggelar Rapat Pleno Kedua TKPPA (Tim Koordinasi Pembangunan Pendidikan Aceh).

Rapat pleno dengan topik Kebijakan Penyusunan Standar Pendidikan Dayah, digelar di Kriyad Muraya, Senin (18/10/2021) Banda Aceh.

Hadir sebagai pemantik dalam rapat pleno kedua TKPPA 2021 ini adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag dan Ketua Badan Akreditasi Dayah Aceh (BADA).

Ketua TKPPA yang juga Asisten Satu Pemerintah Aceh, Dr M Jafar menyebutkan bahwa rapat pleno TKPPA dilakukan untuk membantu instansi teknis untuk mencari solusi strategis terkait dengan kebijakan dalam rangka memecahkan permasalahan pendidikan Aceh.

Baca juga: Setelah Disebut-sebut Kabur, Rachel Vennya Diisukan Jadi Duta Karantina, Begini Tanggapannya

Baca juga: Bantah 3 Hari di Wisma Atlet, Rachel Vennya: Aku Sama Sekali Tidak Karantina Sepulang dari Amerika

Baca juga: Bantah 3 Hari di Wisma Atlet, Rachel Vennya: Aku Sama Sekali Tidak Karantina Sepulang dari Amerika

"Pemerintah Aceh telah menerbitkan Pergub Nomot 64 tahun 2019 tentang Badan Akreditasi Pendidikan Dayah.

Idealnya menyusun dan menetapkan standar pendidikan dayah dilakukan terlebih dahulu karena standar pendidikan dayah berfungsi sebagai tolak ukur dalam kegiatan akreditasi," ujar Dr M Jafar yang didampingi Ketua MPA, Profesor Abdi A Wahab.

Menurut Jafar, rapat pleno kedua TKPPA ini untuk memperoleh gambaran tentang penyelenggaraan pendidikan dayah paska berlakunya Qanun 9 Tajun 2018.

Menemukan langkah-langkah dalam penyusunan standar Pendidikan Dayah di Aceh.

Rapat Pleno Kedua TKPPA, yang dimoderatori Profesor Eka Srimulyani dan Tgk Ajidar Matsyah, menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan dikirim ke Gubernur Aceh.

Yang penting penyusunan standar akreditasi harus memperkuat pendidikan Dayah.

Sebagaimana diketahui, dalam Rapat Pleno Kedua TKPPA ini, dihadiri juga oleh perwakilan instansi.

Seperti Ketua Majelis Pendidikan Aceh, kepala Sekretariat MPA, Ketua Majelis Akreditasi Dayah, MPU, Bappeda, Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah.

Kabid Pontren Kanwil Kemenag, Biro Kesra Setda Aceh, Biro Organisasi Setda Aceh, Bito Hukum Setda Aceh, Prof Mujiburrahman, Irhamuddin, Prof Murniati, Said Mustafa, Anas M Adam, Mukhlisuddin Ilyas, Sofyan A Gani dan para pimpinan dayab salafiyah, terpadu dan dayah tahfid.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved