Breaking News:

Berita Aceh Utara

Mahasiswa KKN Unimal Kunjungi Lokasi Teknologi Pompa Air Tanpa Listrik

Pompa air tanpa listrik yang dikembangkan koperasi tersebut, selain mampu mememuhi kebutuhan air ke areal pertanian, juga untuk kebutuhan air bersih

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati

Pompa air tanpa listrik yang dikembangkan koperasi tersebut, selain mampu mememuhi kebutuhan air ke areal pertanian, juga untuk kebutuhan air bersih ke pesantren.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 Kelompok 04 Universitas Malikussaleh (Unimal) melakukan kunjungan ke teknologi pompa air (Ramfam) yang dikembangkan oleh kelompok tani dalam wadah Koperasi Tualang Lestari di Desa Blang Pohroh, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Pompa air tanpa listrik yang dikembangkan koperasi tersebut, selain mampu mememuhi kebutuhan air ke areal pertanian, juga untuk kebutuhan air bersih ke pesantren.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 04 adalah Raja Muradi, Muntazami, dan Rahmat Bagus Solin dari Prodi Teknik Elektro, Milfa Arsyika Azzahra, Rania Annisa Nur Izzah, Ninda Husnul Khatimah, dan Nur Ayu Rahmadhani dari Prodi Psikologi.

Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dr Yuziani M.Si.

Teknologi pompa air (Ramfam) yang dikembangkan kelompok tani dalam wadah Koperasi Tualang Lestari, berhasil memenuhi kebutuhan air bersih untuk dua pondok pesantren.

Yakni, Pondok Pesantren Daarut Thalibin dengan jumlah santri 1.200 orang dan Pondok di Desa Keutapang, Kecamatan Nisam serta Pondok Pesantren Babut Thalibin jumlah santri 300 orang di Desa Cot Mambung Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara. 

Ketua Koperasi Tualang Lestari, Taufik Helmi, Senin (1/10/2021) menjelaskan, selain untuk kebutuhan pondok pesantren,  pompa tanpa listrik tersebut juga mampu memenuhi areal pertanian milik Koperasi Tualang Lestari seluas delapan hektar di Desa Blang Poroh.

Sumber air, kata Taufik berasal dari alur parit Blang Poroh dari pegunungan.

Sehingga, airnya cukup jernih dan layak konsumsi.(*)

Baca juga: Manfaatkan Lahan Sempit, Mahasiswa KKN Unimal Demplot Tanam Sayur Organik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved