Breaking News:

Berita Banda Aceh

Sambangi Pusat Oleh-oleh Khas Aceh, Sandiaga Uno: Hari Ini Kita Menjadi ‘Rojali’ bukan ‘Rohali’

Usai meninjau Museum Kapal PLTD Apung, mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyempatkan untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh khas Aceh.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Safriadi Syahbuddin
Kemenparekraf.go.id
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi pusat oleh-oleh khas Aceh. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, untuk kali kedua melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh.

Sandiaga Uno akan berada di Aceh selama dua hari, 19-20 Oktober 2021 untuk meninjau kesejumlah lokasi wisata dan melihat kebangkit ekonomi kreatif.

Tiba di Aceh pada Selasa (19/10/2021) pagi, Sandiaga Uno dan romongan langsung menyambangi Museum Kapal PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung di Desa Punge, Blancut, Banda Aceh.

Menparekraf mengapresiasi pemerintah daerah yang menghadirkan wisata berbasis edukasi di Museum Kapal PLTD Apung.

Dimana wisata edukasi ini sangat penting untuk membangun pemahaman bagi para pelajar mengenai sebuah peristiwa atau bencana alam dan bagaimana langkah mitigasinya.

Sandiaga Uno berkunjung ke objek wisata PLTD Apung, Banda Aceh, Selasa (19/10/2021).
Sandiaga Uno berkunjung ke objek wisata PLTD Apung, Banda Aceh, Selasa (19/10/2021). (For Serambinews.com)

Baca juga: Menparekraf Diboncengi Becak Motor ke Gampong Nusa, Sandiaga Uno: Peu Haba?

Baca juga: Tiba di Aceh, Sandiaga Uno Langsung Berkunjung ke PLTD Apung

“Alhamdulillah hari ini (kemarin) saya bisa meninjau langsung Museum PLTD Apung, yang terakhir saya kunjungi pada Maret 2005,” katanya, dikutip dalam siaran persnya, Rabu (20/10/2021).

“Dan saat itu baru saja terjadi tsunami dan sekarang setelah lebih dari 17 tahun sudah terbentuk museum,”

“Untuk itu, saya sangat mengapresiasi Pak Walikota Banda Aceh, Pak Kadispar, karena dapat menghadirkan wisata edukasi di sini,” ungkap Sandiaga.

Usai meninjau Museum Kapal PLTD Apung, mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyempatkan untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh khas Aceh.

Ia memborong berbagai macam buah tangan untuk keluarga dan kerabatnya, seperti Lontong Paris, Kue Bhoi Khas Aceh, Kopi Gayo Aceh, Dodol, Peci Meukeutop, hingga tas backpack.

Baca juga: Berkunjung ke Aceh, Sandiaga Uno Santap Kuah Belangong Saat Khanduri Maulid

“Hari ini kita menjadi ‘rojali’ yaitu rombongan yang jadi beli, bukan ‘rohali’ rombongan hanya lihat-lihat,” kata Sandiaga.

Karena pandemi Covid-19, Sandi menyampaikan terdapat penurunan kunjungan wisatawan asing terutama dari Malaysia, yang lebih dari 70 persen turun.

Oleh karena itu, Ia mendorong wisatawan domestik untuk bisa mengambil peran dan juga bersiap-siap untuk dibukanya kembali Aceh untuk kunjungan wisatawan asing, salah satunya dari Malaysia.

“Tapi butuh kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved