Breaking News:

Digelar Secara Virtual, Burni Telong Festival 2021 Pukau Masyarakat Dunia

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Burni Telong Festival 2021 untuk pertama

Editor: bakri
FOTO DOK PANITIA
Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah dan Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian dipeusijuk pada malam pembukaan Burni Telong Festival 2021 

BANDA ACEH-Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Burni Telong Festival 2021 untuk pertama kalinya secara virtual (live delay) pada 29-30 Oktober 2021.

Pagelaran ini berhasil memukau masyarakat dunia. Rangkaian kegiatan Burni Telong Festival kali ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Event ini diharapkan dapat mempromosikan kesenian dan budaya Aceh di kancah nasional dan internasional.

Pagelaran ini menampilkan kombinasi antara seni, budaya Gayo dan unsur alam gunung Burni Telong dengan tema “Harmoni dalam Budaya” dan disiarkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh. Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin SE MSi Ak melalui Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengungkapkan, industri pariwisata di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Pulau Sumatera sudah mulai bangkit dan berperan dalam mendukung upaya pemeliharaan dan penguatan nilai-nilai sosial budaya serta membangun kesadaran masyarakat terhadap upaya konservasi lingkungan.

“Aceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di kawasan paling barat pulau Sumatera, terlebih dataran tinggi Gayo, memiliki ragam potensi wisata yang berkarakter seni dan budaya yang majemuk dan unik,” papar Nurlaila. Seluruh potensi tersebut dikemas dalam event “Burni Telong Festival 2021” yang diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Aceh.

“Even ini merupakan kemasan kegiatan seni dan budaya yang digelar secara virtual, di mana kombinasi antara seni, budaya Gayo dan unsur alam Gunung Burni Telong yang dilakukan secara visual dengan pementasan panggung yang menarik,” ungkap Nurlaila. Sebelumnya, di lokasi Burni Telong juga pernah diadakan even mendaki gunung bertajuk ‘Ekspedisi Burni Telong 2018’.

Sementara di masa pandemi ini, kegiatan tersebut berubah konsep yakni pagelaran secara virtual yang didalamnya ada musik etnik, teatrikal, pentas seni dan peusijuk. “Rangkaian tersebut kita tayangkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh dan platform digital lainnya,” jelasnya.

Nurlaila juga menyebutkan, budaya dan seni mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam genesis kesenian tradisional Aceh. Kesenian tersebut mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian target pariwisata.

“Dalam rangka meningkatkan pencapaian tersebut, maka akan dilakukan pengenalan lebih dalam ke masyarakat luas tentang budaya dan seni Gayo dengan pagelaran virtual bertajuk ‘Burni Telong Festival 2021’.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah talenta dari tanah Gayo,” jelas Nurlaila. APRESIASI DEWAN Burni Telong Festival 2021 ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian yang ikut serta dalam pembukaan Burni Telong Festival 2021.

Hendra mengaku, kegiatan tersebut sangat baik dalam mempromosi Aceh dan peningkatan ekonomi rakyat. “Dengan terlaksananya event seperti ini, tentu dapat meningkatkan taraf perekonomian pelaku seni di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini,” sebut Hendra Budian.

Sebagai pimpinan DPR Aceh, kata Hendra Budian, pihaknya sangat mendukung kegiatan- kegiatan yang mampu mendongkrak ekonomi rakyat. “Kami di parlemen sangat mendukung setiap kegiatan yang dapat mendongkrak ekonomi rakyat, baik melalui seni maupun pariwisata,” katanya. Iwan, seorang pelaku kesenian Gayo, mengatakan Burni Telong Festival 2021 ini bukanlah bentuk pertunjukan kesenian biasa.

Namun kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan kecintaan para kaum muda Aceh agar lebih mencintai lagi tradisi dan budaya yang telah ada di Aceh, terlebih bagi masyarakat Gayo yang kaya dengan kebudayaan dan adat-istiadat. “Karena itu, harapan kami semoga even serupa bisa digelar setiap tahun,” tukasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved