Breaking News:

Sumpah Pemuda

Mahasiswa Unimal Ajak Murid SD Desa Jorong Sumbar Nonton Film Sejarah Sumpah Pemuda

Kegiatan nonton film sejarah Sumpah Pemuda ini sangat positif bagi anak Sekolah Dasar dalam mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Taufik Hidayat
Dok KKN-MK P006 Unimal
Mahasiswa KKN Membangun Kampung P006 Universitas Malikussaleh, menggelar nonton bareng Film WAGE (Sejarah Sumpah Pemuda) bersama murid SDN 30 di Desa Jorong Taratak Pauh, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin (1/11/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Upaya meningkatkan jiwa Nasionalisme di hari peringatan Sumpah Pemuda, Mahasiswa KKN Membangun Kampung P006 Universitas Malikussaleh, menggelar nonton bareng Film Sejarah Sumpah Pemuda bersama murid SDN 30 di Desa Jorong Taratak Pauh, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut digelar di ruangan Kelas V SDN 30 oleh Mahasiswa dari jurusan Administrasi Publik yang sedang melaksanakan KKN perorangan di Jorong Taratak Pauh.

Nada Nabila (22) merupakan salah satu Masiswa KKN-MK perorangan mengatakan, nonton bareng ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah Sumpah Pemuda kepada anak-anak SDN 30.

“Film tersebut disaksikan oleh 42 orang murid kelas 5, setelah menyaksikan film tersebut, anak-anak di minta maju kedepan untuk menyampaikan nilai-nilai yang di dapat dari film sejarah itu,” kata Nada Nabila, melalui pesan Whatsapp, kepada Serambinews.com, Senin (1/11/2021).

Dikatakannya, hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021 tersebut, menantang mereka untuk maju ke depan. “Kita akan memberi apresiasi dalam bentuk doorprize bagi mereka yang berani untuk maju ke depan,” sebutntya.

Sementara itu, Hj Tatisra (57) Selaku Kepala sekolah SDN 30 Sungai Nanam menambahkan program mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar dalam mengingatkan mereka sejarah perjuangan para pemuda indonesia melawan penjajahan.

“Para murid juga memberikan respon positif dalam kegitan yang berlangsung mereka sangat fokus mendengar, dan bersemangat untuk maju ke depan ketika diberi tantangan untuk menyampaikan nilai-nilai dari film yang di tontonkan,” kata Tatisra.

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Unigha Sigli Bentangkan Merah Putih di Sungai Geumpang

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Para Pecinta Alam Kibar Bendera di Puncak Air Terjun Guda Meuh Pidie Jaya

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Arief Rahman, S.Pd.,MPd menyambut kegiatan ini dengan baik.

Ia menambahkan, kegiatan nobar yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat dan jelas mengandung nilai-nilai positif bagi anak Sekolah Dasar dalam mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Kita berharap kedepan setiap mahasiswa yang akan melaksanakan KKN baik kelompok dan perorangan untuk lebih meningkatkan lagi program yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved