Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Boat Pancing Terbalik Usai Dipeusijuek, 22 Penumpang Berhasil Diselamatkan

Saat hendak kembali ke daratan, boat berisi 22 penumpang itu tiba-tiba terbalik akibat diterjang gelombang dan angin kencang.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Tim gabungan sedang mengevakuasi warga yang saat boat nelayan karam diterjang ombak di laut kawasan Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (7/11/2021) 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Satu unit boat nelayan karam diterjang ombak di laut kawasan Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (7/11/2021). Informasi dihimpun, boat pancing 3 GT tersebut karam di laut seusai dipeusijuk di TPI Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan. 

Seusai peusijuk (prosesi tepung tawar-red), pemilik boat beserta keluarga melakukan uji perdana ke laut. Namun, nahas ketika boat tersebut mau berbalik arah (pulang) tiba-tiba oleng dan terbalik diterjang gelombang dan angin kencang.

Untung saja, semua penumpang berhasil diselamatkan oleh masyarakat yang berada di bibir pantai.

Selanjutnya dievaluasi oleh tim gabungan, BPBD, TNI/Polri. Kabid Darurat BPBD Aceh Selatan, H Suryadi mengatakan, semua penumpang boat pancing yang karam berhasil diselamatkan. 

"Beberapa korban sudah dibawa ke RSUD YA Tapaktuan dan Klinik Cahaya Sehat, untuk menjalani perawatan," jelasnya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Tapaktuan, Iptu Rizal Firmansyah SE membenarkan informasi tersebut.

"Kejadiannya sekira pukul 09.15 Wib, dimana Agung Mulia Nurdi selaku pemilik boat melakukan syukuran Boat setelah selesai dilakukan perbaikan di TPI Batu Merah, Gampong Lhok bengkuang Timur, setelah melakukan syukuran selanjutnya melakukan pengujian Boat di laut dan kemudian kembali ke darat," ungkap Kapolsek Tapaktuan. 

Baca juga: VIDEO - Banjir Genangi Kluet Timur, Tanaman Padi di Persawahan Terancam Mati

Baca juga: Banjir Mulai Surut di Aceh Selatan dan Aceh Barat, BMGK Ingatkan Potensi Hujan

Saat boat kembali berangkat ke laut yang dikemudikan oleh Riyan dengan mengangkut 22 penumpang, namun sesampainya di kawasan laut Wisata Tapak (Gunung Lampu) atau berjarak 300 meter dari bibir pantai tiba tiba kapal terbalik dan tenggelam. 

Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian langsung meminta pertolongan dan selang beberapa menit personil Polres , Polsek, Koramil Tapaktuan beserta BPBD tiba di lokasi dan langsung melakukan pertolongan sehingga keseluruhan penumpang yang berjumlah 22 orang berhasil diselamatkan dan langsung di bawa ke RSUD dr Yulidin Away dan Klinik Cahaya sehat untuk mendapatkan penanganan medis. 

"Untuk Boat yang tenggelam tersebut, lanjut Kapolsek Tapaktuan, sudah diamankan di TPI Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan dengan bantuan ditarik oleh Boat nelayan lainnya," pungkas Kapolsek Tapaktuan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved