Breaking News:

Video

VIDEO - Belasan Manuskrip dan Koin Kuno Disita di Bandara Kairo

Penyitaan tersebut termasuk tiga gulungan papirus dalam kondisi yang buruk dan cetakan koin logam dengan tughra yang berasal dari era Ottoman.

Penulis: Yuhendra Saputra | Editor: Mursal Ismail

Penyitaan tersebut termasuk tiga gulungan papirus dalam kondisi yang buruk dan cetakan koin logam dengan tughra yang berasal dari era Ottoman.

SERAMBINEWS.COM, KAIRO - Otoritas Mesir di Bandar Udara Internasional Kairo, Sabtu (6/11/2021) menyita 13 manuskrip kuno abad ke-17,18 dan 19.

Penyitaan tersebut termasuk tiga gulungan papirus dalam kondisi pelestarian yang buruk dan cetakan koin logam dengan tughra yang berasal dari era Ottoman.

Sebuah pernyataan oleh Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengatakan bahwa unit arkeologi di Terminal 1 dan Polisi Bandara Kairo menerima laporan dari Polisi Keamanan Penumpang, mencurigai artefak arkeologi yang dimiliki seorang penumpang.

Pernyataan itu menambahkan bahwa komite arkeologi khusus dibentuk oleh Dewan Tertinggi Barang Antik, dan Perpustakaan dan Arsip Nasional Mesir.

Komite ini dipimpin oleh Malak Noshy, inspektur barang antik di Sektor Barang Antik Islam untuk menyelidiki kasus tersebut.

Panitia mengonfirmasi nilai arkeologis dari penyitaan dan karenanya tindakan hukum yang diperlukan dan segera diambil dan barang-barang yang disita oleh kementerian.

Ia juga merekomendasikan agar penyitaan segera dikembalikan ke Museum Koptik untuk restorasi dan pemeliharaan.

Noshy, kepala komite arkeologi, menemukan bahwa manuskrip tersebut termasuk yurisprudensi Islam dan pengobatan spiritual dari Uskup Mikhail dari Atrib.

Bersamaan dengan artefak, ada lebih banyak manuskrip Doa Prapaskah Besar dalam bahasa Koptik dan Arab. Doa dimulai dengan nama Nabi Muhammad dan satu lagi dari Mazmur Suci.

Sebuah koin logam dari era Ottoman juga turut disita. (ANTARA)

Baca juga: Arkeolog Israel Temukan Kompleks Kuno Pembuatan Anggur di Kota Yavne

Baca juga: VIDEO Alquran Kuno Terbanyak di Indonesia Ternyata Ada di Nagan Raya, Kondisinya Memprihatinkan

Baca juga: VIDEO Inilah Kesaksian Ansori, Pria yang Selamatkan Gala Sky, Anak Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved