Breaking News:

Berita Bireuen

Ma’had Aly Lahirkan Kader Fuqaha dan Intelektual Islam Berkualitas

Ma’had Aly merupakan lembaga pendidikan tinggi pondok pesantren atau dayah yang diberikan afirmasi oleh pemerintah.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok MUDI
Sebanyak 50 lulusan Ma'had Aly MUDI Samalanga, Bireuen, Selasa (9/11/2021) diwisuda sebagai wisudawan perdana. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Ma’had Aly merupakan lembaga Pendidikan Tinggi Pondok Pesantren atau dayah manyang  yang diberikan afirmasi oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan progam pendidikan sarjana dan jenjang berikutnya sebagaimana perguruan tinggi pada umumnya, dengan tetap mempertahankan kultur dan tradisi pondok pesantren. 

Ma’had Aly MUDI Mesra adalah salah satu Ma’had Aly dan melakukan wisuda perdana untuk 50 orang lulusan, Selasa (09/11/2021) di Kampus Al Aziziyah, Samalanga, Bireuen

Direktur Ma’had Aly MUDI, Tgk H Zahrul Mubarak HG.MPd (Abi Mudi) dalam sambutan wisuda perdana antara lain mengatakan, Ma’had Aly merupakan lembaga pendidikan tinggi pondok pesantren atau dayah yang diberikan afirmasi oleh pemerintah.

Ditambahkan, pelembagaan pendidikan tinggi bernama Ma’had Aly di samping anugerah yang perlu disyukuri, juga sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh.civitas akademika Ma’had Aly, untuk membuktikan kepada pihak luar bahwa apresiasi Pemerintah terhadap Pondok Pesantren lewat pelembagaan Ma’had Aly sudah tepat. 

Ma’had Aly mampu hadir sebagai kompetitor baru dengan warna tersendiri sebagai laboratorium yang melahirkan kader fuqaha dan intelektual Islam yang berkualitas, ujarnya  di hadapan wisudawan dan para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Disebutkan, ada beberapa amanat yang disampaikan oleh para pendiri Ma’had Aly untuk menjadi konsens semua, agar tujuan awal pendirian Ma’had Aly dapat terus terjaga.

“Kita tidak ingin Ma’had Aly sekedar menjalankan program pendidikan yang bersifat formalitas semata, tanpa memperhatikan persoalan kualitas pendidikannya yang selama ini menjadi fokus dari pondok pesantren,” ujarnya.

Baca juga: 50 Lulusan Mahad Aly  MUDI Samalanga Diwisuda

Ditambahkan, ada beberapa  hal setidaknya perlu adanya kesepahaman dan komitmen semua dalam membangun pendidikan Ma’had Aly, yaitu exceliency (aspek keunggulan.atau kesempurnaan), distingsi (fokus atau kekhususan), serta destinasi (menjadi tujuan pendidikan).

Untuk terjaganya mutu dan aspek keunggulan (exceleincy), maka Ma’had Aly perlu terus mengadakan seleksi masuk yang ketat pada setiap tahun  ajaran baru, lanjutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved