Breaking News:

Berita Aceh Utara

Cegah Stunting, Pemkab Aceh Utara Perluas Locus Penanganan Tahun 2022, Ibu Hamil Diberi 'Bu Kulah' 

Jika sebelumnya hanya mencakup 20 desa, tahun depan diperluas menjadi 40 desa dalam 27 kecamatan di kabupaten tersebut.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Saifullah
Foto Dok Dinas Kesehatan Aceh Utara
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin memaparkan penanganan stunting tahun 2021 dan rencana program pada tahun 2022 mendatang. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Pemkab Aceh Utara memperluas locus (tempat) penanganan stunting terhadap balita pada tahun 2022.

Jika sebelumnya hanya mencakup 20 desa, tahun depan diperluas menjadi 40 desa dalam 27 kecamatan di kabupaten tersebut.

Pasalnya, dari 40.762 jumlah balita di Aceh Utara pada tahun 2021, balita yang mengalami stunting mencapai 5.845 jiwa. 

“Hari ini, stunting menjadi permasalahan besar untuk Aceh Utara, di mana Aceh Utara menjadi salah satu kabupaten yang menjadi locus stunting,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuran dan publikasi data stunting, Kamis (11/11/2021). 

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Seumirah, Kecamatan Nisam Antara, yang dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan kepala puskesmas, serta tokoh masyarakat.

Kegiatan itu diadakan untuk menyebarluaskan informasi, data stunting, strategi penanganannya, dan upaya yang harus dilakukan. 

Baca juga: Pemkab Aceh Utara Godok Regulasi Penurunan Stunting, Kedepankan Peran Gampong 

“Bapak Bupati Aceh Utara pada Februari 2021, sudah menetapkan 20 desa locus stunting. Sedangkan angka stunting di Aceh Utara mencapai 45 persen dari jumlah total balita,” ujar Amir.

Untuk menurunkan angka stunting, lanjut Kadinkes, Kementerian Kesehatan RI sudah menetapkan delapan aksi integrasi, dan hal itu sudah dilakukan. 

Antara lain, lanjut Amir, analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk, penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) tentang peran desa terkait stunting, dan pembinaan kader. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved