Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Mahasiswa KKN Unimal Latih Anak-anak Menggambar dan Mewarnai

Aktivitas mengambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dalam meningkatkan konsentrasi dan kreatifitas. 

Penulis: Jafaruddin | Editor: Taufik Hidayat
Dok Unimal
Anak-anak memperlihatkan karya dari kegiatan menggambar dan mewarnai yang diadakan mahasiswa KKN Unimal. 

Laporan Jafaruddin | Lhokseumawe 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 109 Universitas Malikussaleh mengadakan pengenalan warna, menggambar, dan mewarnai kepada anak-anak di Desa Geulanggang Meunjee, Kecamatan Kuta Blang Bireuen. 

Mahasiswa KKN-PPM K109 yang berada di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fidyati MEd berjumlah 9 anggota. 

Mereka adalah, Neza Puspita dari Prodi Agribisnis, Fazlun Nisak dan Yulidayanti dari Prodi Teknik Informatika, Intan Rahmatin dari Prodi Sistem Informasi. 

Seterusnya, Nova Hanum dan Muazzinah dari Prodi Akuakultur, Nanda Wahyuna dari Prodi Administrasi Publik, Nadia Ulfa dari Prodi Ilmu Komunikasi, dan Rukaiyah dari Prodi Manajemen.

“Aktivitas mewarnai sudah menjadi bagian dari kehidupan anak, termasuk anak-anak di Desa Geulanggang Meunjee yang terlihat antusias saat diminta ikut dalam kegiatan pembinaan,” ujar Fazlun Nisak perwakilan mahasiswa KKN 109 dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Sabtu (13/11/2021). 

Disebutkan, kegiatan tersebut bukan untuk mengisi waktu luang, tapi juga sebagai aktualisasi diri anak dalam bidang seni. Selain itu, aktivitas mengambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dalam meningkatkan konsentrasi dan kreatifitas. 

“Pentingnya membiasakan anak-anak belajar mewarnai dan menggambar sejak dini akan melatih mereka lebih peka terhadap batasan garis,” ujar Fazlin. 

Baca juga: Tim Putri Aceh Timur Gelar Rafting Exercise 2021 di Geumpang Pidie

Baca juga: Viral Cerita Pria Penjaga Makam, Sehari Dibayar Rp 1 Juta Belum Termasuk Makan, Ini Faktanya

Dosen Pembing Lapangan Fidyati mengapresiasi ide mahasiswa mengadakan kegiatan tersebut kepada anak-anak tempat mereka KKN. 

“Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Setiap anak memiliki kapasitas yang dapat dikembangkan sejak dini”.

Aktifitas menggambar dan mewarnai merupakan cara bagi anak untuk mengungkapkan perasaaan dirinya, seperti perasan gembira, sedih, dan sebagainya. 

Karena kebanyakan anak kata Fidyati, suka menggambar dan mewarnai, kegiatan ini akan memberikan waktu untuk membangun konsep konsentrasi dan latihan. 

Sementara itu Keuchik Geulanggang Meunjee Mursalin Yahya ST juga memberi dukungan penuh program kerja yang digagas mahasiswa KKN yang sedang mengabdi di desanya. 

“Menggambar dan mewarnai bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak ketika ada waktu luang dari pada kecanduan gawai,” pungkas Keuchik Geulanggang Meunjee.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved