Breaking News:

Plt Dirjen Diktiristek Isi Orasi Ilmiah pada Milad Ke-7 ISBI Aceh

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh memperingati milad ke-7 tahun 2021, Minggu (14/11/2021), di aula Gedung Pertunjukan ISBI Aceh

Editor: hasyim
Foto/Ist
Plt Dirjen Diktiristek, Prof Nizam PhD didampingi Rektor ISBI Aceh, Dr Mirza Irwansyah MBA MLA, foto bersama dengan sejumlah undangan saat milad ke-7 ISBI Aceh, di Kota Jantho, Aceh Besar, Minggu (14/11/2021). 

BANDA ACEH - Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh memperingati milad ke-7 tahun 2021, Minggu (14/11/2021), di aula Gedung Pertunjukan ISBI Aceh, Kota Jantho, Aceh Besar. Milad atau dies natalis itu diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof Nizam MSc PhD.

Orasi ilmiah itu mengusung tema “ISBI Aceh sebagai Perekat Budaya Nusantara”. Rektor ISBI Aceh, Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA dalam sambutannya mengatakan, sebaik-baik kampus adalah yang mendapatkan dukungan dari masyarakat. "Dengan dibukanya ISBI di Provinsi Aceh, tepatnya di Kota Jantho, hal itu menunjukkan pemerintah melihat bahwa ISBI Aceh adalah salah satu kampus yang memiliki fungsi utama melahirkan akademisi yang berkualitas," katanya.

Di usia yang ke-7 saat ini, lanjut Mirza, ISBI Aceh diharapkan semakin matang dalam mencapai tujuan sebagaimana yang telah dituangkan dalam Statuta ISBI Aceh.

Peringatan milad ISBI Aceh tahun ini, ulas Mirza, bisa dijadikan sebagai ajang evaluasi dan introspeksi atas apa yang telah dilakukan oleh segenap sivitas akademika ISBI Aceh untuk memajukan institut ini.

Sementara itu, Profesor Nizam dalam orasi ilmiahnya mengatakan, sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi dan sebagai kampus seni, ISBI Aceh telah ikut memberikan sumbangsih melalui kiprah mulianya sebagai kampus seni dan budaya.

Momentum peringatan milad ke-7 ISBI Aceh itu diharapkan Prof Nizam dapat menjadi tonggak penting bagi pencapaian kiprah ISBI Aceh di dunia pendidikan Indonesia. “Saya berharap, ISBI sebagai kampus seni dapat terus meningkatkan peran dan kiprahnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta memperlihatkan eksistensinya di tengah masyarakat,” harapnya.

Di samping menyampaikan orasi ilmiah, Prof Nizam juga mengunjungi lahan ISBI Aceh yang berlokasi di Kota Jantho, Aceh Besar, sekitar 45 km dari Kota Banda Aceh. Pemkab Aceh Besar sudah menghibahkan lahan seluas 30 hektare di Buket Meusara Kota Jantho, Aceh Besar, dengan nomor sertifikat 00010 dan 00011 (sertifikat atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).

Tahun 2019 telah rampung Masterplan Pembangunan Gedung ISBI Aceh. Laporan Amdalnya pun sudah final pada tahun 2019. Demikian pula progres penyusunan detail engineering design (DED)-nya. "Tahun 2021 ini ISBI Aceh berupaya agar pembangunan kampus dibangun dengan APBA Tahun 2021," ungkap Rektor ISBI Aceh.

Oleh karena itu, rektor memohon dukungan dari semua pihak, baik pemerintah pusat, Pemerintah Aceh, dan Pemkab Aceh Besar untuk mendukung pembangunan kampus ISBI Aceh.

Selain dihadiri ratusan sivitas akademika ISBI Aceh, puncak milad ini juga dihadiri Direktur Sumber Daya Diktiristek, Mohd Sofwan Efendi, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII, Prof Dr Faisal SH MHum.

Juga hadir Wakil Rektor II Universitas Teuku Umar Meulaboh, Dr Ishak Hasan MSi, para Wakil Rektor ISBI Aceh, Kepala Bappeda Aceh Besar, Subkoordinator Sarpras, Ketua dan para Anggota Senat ISBI Aceh, serta tamu undangan lainnya.

Sebelum ke ISBI, hari Sabtu Prof Nizam menghadiri puncak milad Universitas Teuku Umar di Meulaboh yang dipadukan dengan upacara wisuda sarjana. Sedangkan pada hari Jumat lalu, Prof Nizam berkunjung ke Kantor LLDikti Wilayah XIII Aceh di Lampeuneurut.

Saat itu, Prof Nizam berkesempatan melakukan zoom meeting bersama internal  Kemendikbudristek  di Ruang Rapat LLDikti Wilayah XIII dari  pukul 13.30-15.30 WIB.

Prof Nizam juga meninjau Masterplan  Gedung  LLDikti Wilayah XIII yang akan dibangun di Desa Tibang  Kecamatan  Syiah Kuala, Kota Banda Aceh mulai tahun depan. Kunjungan Prof Nizam meninjau Masterplan Gedung  LLDikti Wilayah XIII itu  turut didampingi Kepala LLDikti Wilayah XIII  Prof Dr Faisal SH MHum.(dik)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved