Breaking News:

Berita Aceh Barat

Terungkap! Ternyata Penyebab Banjir di Aceh Barat Gegara Pintu Irigasi Ditutup, DPRA Bereaksi Begini

Oleh sebab itu, anggota DPRA, Fuadri meminta Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 untuk bertanggung jawab.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Anggota DPRA, Fuadri 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Terkait banjir yang kerap menimpa perumahan penduduk di kawasan Desa Seumantok dan Manjeng, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, ternyata penyebabnya akibat penutupan pintu irigasi Lhok Guci.

Oleh sebab itu, anggota DPRA, Fuadri meminta Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 untuk bertanggung jawab.

Pasalnya, dengan penutupan pintu irigasi tersebut, maka luapan air dari bendungan itu setiap kali hujan mengguyur langsung menuju permukiman penduduk.

Sementara solusi untuk menangani masalah tersebut, satu-satunya adalah dengan pembangunan tanggul di pinggiran sungai kawasan desa itu, dan ini belum dilakukan.

“Kita mendesak pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 supaya bertanggung jawab atas musibah yang selalu menimpa masyarakat di Seumantok dan sekitarnya di Pante Ceureumen,” ungkap anggota DPRA, Fuadri kepada Serambinews.com, Senin (15/11/2021).

Disebutkan Fuadri, untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah pusat diminta segera mengalokasikan anggaran untuk penanganan banjir di kawasan bendungan Irigasi Lhok Guci.

Baca juga: Sudah Tiga Hari PBM di MTsN 5 Aceh Utara Terhenti, Banjir Luapan Krueng Keureuto Rendam Ruang Kelas

Alokasi anggaran tersebut, urainya, guna untuk pembangunan tanggul, sehingga luapan sungai tersebut tidak lagi berimbas ke rumah-rumah penduduk.

Disebutkan dia, dari laporan keuchik dan tokoh masyarakat setempat, sebelumnya kawasan itu tidak pernah terkena banjir.

Namun setelah dilakukan pembangunan irigasi dengan penutupan pintu irigasi, maka desa tersebut kerap dilanda banjir dadakan.

Anggota DPRA ini juga meminta Gubernur Aceh guna memanggil semua pihak terkait, agar ada solusi dalam menangani keluhan masyarakat yang sudah kerap dirasakan selama ini.

Baca juga: Penutupan Pintu Irigasi Lhok Guci Picu Banjir di Seumantok

“Kita meminta Gubernur Aceh untuk menyurati dan memanggil pihak-pihak terkait untuk mencari solusi penanganan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekitar bendungan Irigasi Lhok Guci,” harap Fuadri.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved