Breaking News:

DW Simeulue Berlatih Budidaya Maggot

Sebanyak 22 anggota Dharma Wanita (DW) Kabupaten Simeulue berlatih membudidayakan Maggot BSF

Editor: hasyim
SERAMBI /SYAMSUL AZMAN
Aslog Kodam IM, Kolonel Reki Feriyanto, Aslog Kasdam IM sedang memberikan penjelasan mengenai budidaya maggot, di Asrama Keraton Kodam IM, Sabtu (20/11/2021). 

BANDA ACEH - Sebanyak 22 anggota Dharma Wanita (DW) Kabupaten Simeulue berlatih membudidayakan Maggot BSF (Black Soldier Fly), di Asrama Keraton Kodam Iskandar Muda (IM), Sabtu (20/11/2021). Kehadiran anggota DW Simeulue itu  disambut Aslog Kasdam IM, Kolonel Reki Feriyanto sekaligus pakar maggot di Aceh.

Menurutnya, kedatangan rombongan DW Simeulue ini sebagai langkah untuk menjadikan kabupaten itu bisa mengolah sampah menjadi hal yang berguna bagi perternakan maupun pertanian.

"Kita merasa senang dan merasa terhormat karena ibu-ibu dengan penuh semangat belajar cara membudidaya sampah sehingga permasalahan sampah bisa teratasi," ucap Kolonel Reki.

"Apabila sampah bisa dikelola dengan baik, permasalah sampah ini akan teratasi dan bahkan sampah bisa mendatangkan manfaat dan bernilai ekonomis," tambahnya.

Di lokasi yang sama, Ketua DW Kabupaten Simeulue, Nyonya Ahmadlyah mengatakan, sangat senang diterima Aslog Kasdam IM untuk belajar budidaya maggot.  "Kami sangat senang karena diterima belajar Pak Reki, baru hari ini kami tahu bahwa sampah bisa dijadikan sesuatu yang berguna, sekaligus menambah pengetahuan mengenai maggot, ternyata maggot ini bisa dijadikan pakan ternak sekaligus pupuk pertanian, harapannya ilmu ini bisa dikembangkan di Simeulue," katanya.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Simeulue, Salmarita  juga menjelaskan, kedatangan rombongan Dharma Wanita untuk belajar pemanfaatan sampah. "Kami datang dan dilatih langsung oleh Pak Reki, kedatangan ini berkat hasil kerja sama Universitas Syiah Kuala (USK) dan Dharma Wanita Simeulue. Harapannya para ibu yang berhadir bisa menjadi relawan lingkungan dan menjadi contoh teladan bagi masyarakat Simeulue.

Pada akhir pelatihan, Kolonel Reki menerangkan sudah menjadi perhatian Kodam Iskandar Muda untuk memberikan solusi terhadap persoalan lingkungan. "Kodam IM memberikan solusi terhadap persoalan lingkungan, seperti melakukan budidaya maggot, sehingga masalah lingkungan seperti sampah bisa teratasi," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Bank Sampah USK, Rama Herawati, serta anggota.(sa)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved